News

Komisi IV Hearing dengan DLHK Bahas Polemik Pengangkutan Sampah

SUARA PEKANBARU - Komisi IV DPRD Pekanbaru menggelar hearing bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Selasa (2/3/2021).

Rapat dipimpin Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono didampingi Wakil Ketua Wan Agusti beserta anggota lainnya Hj Masni Ernawati, Ali Suseno, Nurul Ikhsan, Robin Eduar, Roni Pasla, Ruslan Tarigan dan Zulfahmi. Rapat dihadiri Sekretaris DLHK, Azhar dan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLHK Hendra Afriadi.

Adapun agenda pembahasan yaitu terkait polemik pengangkutan sampah yang tak kunjung selesai ditangani oleh Pemko Pekanbaru. Usai rapat, Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono mengatakan bahwa pihaknya menemukan keganjalan dari nilai yang dianggarkan untuk kontrak kerjasama, yakni dari Rp 45 Miliar yang dianggarkan untuk 12 bulan, saat ini hanya berkurang Rp 2 Miliar untuk kontrak kerjasama selama 9 bulan.

"Dianggarkan pengangkutan sampah 12 bulan itu Rp 45 Miliar, sekarang Rp 43 Miliar. Yang dipertanyakan itu kajiannya darimana dan dasarnya apa, karena yang dikerjakan bukan 12 bulan lagi," ucapnya.

Politisi Demokrat ini mengungkapkan bahwa DPRD Pekanbaru tetap merekomendasikan pengelolaan sampah agar dilakukan swakelola. Meskipun Pemko Pekanbaru kekeh untuk menetapkan swastanisasi. "Siapa bilang swakelola lebih mahal dari swastanisasi, buktinya tadi DLHK mengakui kalau swakelola itu lebih hemat," tegas Sigit.

Komisi IV DPRD Pekanbaru menskors RDP bersama DLHK lantaran Plt Kadis DLHK tidak bisa hadir dan DLHK juga tidak membawa berkas. Rapat diputuskan untuk ditunda dan akan dilanjutkan keesokan harinya, Rabu (3/3/2021) pukul 09.00 WIB.

Sekretaris DLHK, Azhar mengatakan bahwa DLHK tetap mengacu kepada Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) yang telah ada.

"Rapat ini belum putus, karena tadi rekan-rekan Komisi IV DPRD meminta pimpinan DLHK untuk hadir namun beliau berhalangan. Jadi, InsyaAllah besok rapat akan dilanjutkan kembali," pungkasnya.(Gallery)





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan