News

Cegah Stunting, Ini Program yang Dijalankan Disdalduk KB Pekanbaru

SUARA PEKANBARU - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Pekanbaru, menjalankan program Dapur Sehat Atasi Stunting atau Dashat untuk percepatan penurunan kasus stunting.

Kepala Disdalduk KB Kota Pekanbaru Drs.H.Muhammad Amin,M.Si menyebutkan, program Dashat tersebut dijalankan pihaknya melalui Kampung Keluarga Berkualitas (KB).

"Dari 12 Kampung KB yang telah terbentuk, 80 persen di antaranya sudah melaksanakan Dashat," ungkapnya, Jumat (10/12).

"Kegiatan yang dijalankan dalam program Dashat ini seperti kegiatan sosial, pemberdayaan maupun komersil yang disesuaikan dengan kemampuan dan kearifan lokal di masing-masing Kampung KB," ulasnya.

Selain Dashat, terang Amin, untuk mencegah kekurangan gizi terhadap anak itu pihaknya juga telah membentuk sebanyak 12 Satuan Tugas Peduli Stunting (Satgas Penting) di 12 Kampung KB yang tersebar di 12 kecamatan.

Ada berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Satgas Penting seperti memberikan pembinaan terhadap calon pengantin dan menyampaikan pesan kepada ibu hamil agar menjaga asupan gizi selama masa kehamilan.

"Ibu hamil itu mereka kunjungi dan diajak rutin memeriksa kehamilan dan imunisasi. Kalau itu dilakukan, Insyaallah stunting bisa kita atasi," ucapnya.

Kemudian setelah ibu hamil bersangkutan melahirkan, Satgas Penting akan memberikan pendampingan hingga anak/bayi berusia dua tahun ke bawah atau Baduta.

"Jadi sejak 0 tahun, itu sudah menjadi perhatian. Untuk itu, Satgas Penting ini harus memiliki data tentang berapa ibu hamil, yang baru melahirkan, karena itu akan menjadi tolak ukur dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan," ujarnya.

"Tentunya berbagai upaya yang kita lakukan ini akan terwujud dalam percepatan penurunan stunting jika adanya dukungan dan motivasi dari masyarakat, camat, lurah dan lintas sektoral," tutup Amin.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan