News

Idul Fitri, 100 Puskesmas Riau Siaga 24 Jam, Dimana Saja?

Ilustrasi.(sumber;internet)

SUARA PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau akan menyiapkan fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes), baik rumah sakit maupun pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) se-Provinsi Riau untuk menyambut hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, kepada wartawan, Selasa (28/5/2019) di Pekanbaru. Dia mengatakan, untuk menyiapkan Faskes tersbut pihaknya telah menyurati Diskes Kabupaten/Kota agar mengaktifkan Puskesmas dan rumah sakit pemerintah dan swasta selama mudik lebaran.

"Kami telah menyurati Diskes kabupaten/kota agar mereka dapat mensiagakan Puskesmas, terutama yang berada di jalur mudik lebaran, serta rumah sakit pemerintah dan swasta. Termasuk rumah sakit TNI/Polri selama H-7 sampai H+7 lebaran," katanya.

Mimi menyebutkan, sedikitnya ada 100 Puskesmas yang siaga 24 jam selama mudik lebaran. Khusus yang berada di jalur mudik terdapat 34 Puskesmas.

"Termasuk 16 rumah sakit pemerintah di kabupaten/kota dan 20 rumah sakit swasta siap siaga menghadapi Idul Fitri," bebernya.

Tak hanya itu, lanjut Mimi, Fasyankes juga disiapkan di posko mudik lebaran 2019. Sedikitnya ada 100 posko di kabupaten/kota yang terdapat tenaga kesehatan baik dokter, perawat dan bidang yang distandbykan di posko mudik lebaran.

"Untuk sumber daya manusia kesehatan, setiap posko kita standby-kan satu dokter dan dua perawat/bidan. Setiap posko terdapat tiga shif dalam sehari, dimana tenaga kesehatan bertugas secara bergantian," tuturnya.

Berikut 34 Puskesmas Siaga 24 Jam Selama Lebaran di Jalur Mudik Riau:

Menuju Inhil dari Pekanbaru (8 Puskesmas) yang terdiri dari Puskesmas Sikijang Mati, Pangkalan Kerinci, Ukui, Lirik, Japura, Rengat Kota, Kuala Cenaku dan Kepas.

Menuju Taluk Kuantan sampai dengan Air Molek (8 Puskesmas) yakni Puskesmas Muara Lembu, Taluk Kuantan, Baserah, Cerenti, Peranap, Kelayang, Polak Pisang, Air Molek

Arah Dumai-Bagan Batu (11 Puskesmas) yaitu Puskesmas Rumbai, Minas, Kandis, Semunai, Muara Basung, Duri, Bangko, Bukit Kapur, Dumai Kota, Ujung Tanjung, Bagan Batu.

Menuju Perbatasan Sumbar (7 Puskesmas), yakni Puskesmas Air Tiris, Rumbio, Kampar, Bangkinang Kota, Salo, Kuok dan Tanah Datar.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan