Hobby

Mau Dapat Tiket Pesawat Murah? Ikuti Tips Ini Wak dan Encik

Ilustrasi.(sumber;internet)

SUARA PEKANBARU - Pekan ini, maskapai penerbangan berbiaya murah (LCC) mulai menggelar program diskon 50 persen dari tarif batas atas (TBA) untuk keberangkatan dengan jadwal tertentu. Tiket pesawat murah itu akan diberikan untuk jadwal penerbangan LCC pada Selasa, Kamis, Sabtu pada periode 'happy hour' pukul 10.00 - 14.00, waktu bandara setempat.

Kendati demikian, jumlah kursi yang mendapatkan diskon hanya terbatas; hanya 30 persen dari total kursi yang tersedia per harinya. Hal ini tentu perlu disiasati agar masyarakat bisa menikmati penerbangan dengan harga yang terjangkau. Caranya?

Pertama, lakukan reservasi dari jauh-jauh hari.  VP Corporate Secretary & CSR Citilink Resty Kusandarina mengatakan untuk mendapatkan tiket murah, penumpang disarankan untuk melakukan reservasi dari jauh-jauh hari.

Maklum, kuota tiket murah dengan harga khusus disediakan terbatas dalam setiap penerbangannya. Perusahaan hanya menyediakan 3.348 kursi dari 62 penerbangan pada jam pemberlakuan harga khusus.

"Kalau di antara rute-rute Citilink yang mendapatkan harga khusus, harganya sudah kembali ke harga normal berarti kuota harga khususnya sudah habis," ujar Resty, Kemarin.

Kedua, sesuaikan waktu perjalanan. Program tiket murah pada 'happy hour' berlaku setiap Selasa, Kamis, Sabtu. Artinya, jika ingin mendapatkan tiket murah calon penumpang harus menyesuaikan waktu perjalanannya. 

Penyesuaian ini bisa dilakukan oleh calon penumpang yang ingin berlibur karena memiliki kesempatan untuk membuat perencanaan. Misalnya, keberangkatan yang dilakukan Jumat malam disesuaikan menjadi Sabtu.

"Dengan memilih penerbangan paling pagi atau paling malam juga biasanya memberikan harga lebih murah," ujar Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho.

Saat ini, calon penumpang bisa dengan memantau harga tiket melalui aplikasi di telepon genggam atau situs resmi penjualan tiket secara online. Informasi tersebut dapat membantu calon penumpang dalam menyusun rencana perjalanannya.

Ketiga, sesuaikan dengan kondisi keuangan. Program tiket murah pada 'happy hour' sebaiknya tidak digunakan sebagai kesempatan berlibur dadakan terutama bagi mereka yang memiliki kondisi keuangan yang terbatas. 

"Bila hanya sekedar keinginan dan bahkan tidak ada rencana untuk liburan sebelumnya dan tidak ada anggarannya sebaiknya jangan (liburan)," ujar Andy.

Namun, Andy memahami ketersediaan tiket murah tidak setiap saat. Apabila mengetahui dengan pasti bahwa dalam 3 bulan ke depan akan mendapatkan penghasilan tambahan dari yang reguler, calon penumpang bisa membeli tiket penerbangan menggunakan kartu kredit atau pinjaman. 

Dengan catatan, begitu menerima penghasilan tambahan, calon penumpang langsung melunasi utang pembelian tiketnya. 

Sebenarnya, selain memanfaatkan program 'happy hour', calon penumpang memiliki sejumlah opsi yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan tiket murah. Menurut Perencana keuangan Tatadana Consulting Tejasari Assad, calon penumpang bisa memanfaatkan kupon promo diskon yang biasanya diberikan oleh marketplace penjualan tiket. 

Untuk dapat mengetahuinya, calon penumpang bisa aktif mencari informasi dengan membandingkan sejumlah harga yang ditawarkan oleh beberapa agen penjualan tiket. Bagi calon penumpang yang memiliki kartu kredit juga bisa menggunakan fasilitas diskon maupun memakai poin transaksi yang diberikan penerbit kartu.

"Cuma hati-hati, (transaksi kartu kredit) harus dibayar," ujar Tejasari.

CMO Transpor Traveloka Dionisius Nathaniel menambahkan tiket murah juga bisa didapat dengan memilih rute langsung dan kelas paling ekonomis.

"Bila perjalanan sudah dapat dipastikan pilihan tiket yang non-refundable jauh lebih murah dengan risiko untuk perubahan schedule dana tidak dapat dikembalikan," ujar Dionisius.

Calon penumpang juga bisa memanfaatkan fitur penundaan pembayaran (PayLater) untuk meringankan pembayaran dengan menyesuaikan dengan anggaran.

Lebih lanjut, calon penumpang juga bisa memanfaatkan fitur pengingat harga (price alert) apabila disediakan oleh penyedia aplikasi seperti Traveloka. Dengan fitur ini, pengguna bisa memasukkan batasan harga untuk sebuah penerbangan. 

Pengguna juga akan memperoleh pemberitahuan jika ada tiket pesawat dengan harga yang sesuai dengan anggaran pengguna.

"Fitur (price alert) ini bisa membantu pengguna mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang sesuai dengan anggaran untuk tanggal keberangkatan dan destinasi keinginan," ujarnya.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan