Ada Apa Di Pekanbaru?

15 Tempat Wisata Populer di Kota Bertuah

Alam Mayang. (sumber;internet)

SUARA PEKANBARU - Tempat wisata di kota Pekanbaru memang tidak sepepuler dengan kota lainnya di Sumatera, seperti Medan dan Palembang. Namun Kamu tidak perlu berkecil hati karena Pekanbaru juga memiliki beragam destinasi unik yang menarik untuk dikunjungi. Pekanbaru merupakan ibu kota provinsi Riau yang memiliki tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi. Tentu hiruk piku kehidupan akan terasa bila berada di Kota.

Bagi kamu yang ingin rehat sejenak dari kesibukan sehari-hari, bisa berkunjung ke beberapa objek wisata yang tidak jauh dari kota. Berikut rekomendasi tempat wisata di kota Pekanbaru yang sedang hits dikunjungi:

Alam Mayang Pekanbaru
Hanya berjarak sekitar 8 km dari pusat kota Pekanbaru, wisata Alam Mayang menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Selain menyajikan suasana alam yang asri dan sejuk dengan kolamnya yang tenang tempat wisata ini juga menyediakan ragam fasilitas yang cukup lengkap.

Mulai dari sepeda air, banana boat, camper boat, hingga arena outbound seperti flying fox dan safary train. Ada juga wahana permainan bombom car dan kolam pemancingan. Buat kamu yang ingin nonton film seru bisa singgah ke studio 3D yang ada di kawasan wisata ini.

Lokasi: Jl. H. Imam Munandar, Taman Alam Mayang, Tengkerang Timur, Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau.

Taman Putri Kaca Mayang
Ruang terbuka hijau ini terletak di seberang Kantor Wali Kota Pekanbaru. Dengan luas kurang lebih 1 hektar, taman ini menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Penataan taman yang rapi dengan rerumputan hijau dan tanaman bunga semakin menambah keindahan. Tersedia pula tempat duduk dengan payung unik yang memberikanmu tempat untuk santai dan berteduh. Selain jogging track, taman ini juga menyediakan arena bermain anak dan juga arena teater.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No. 474, Jadirejo, Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau.

Hutan Kota Pekanbaru
Kawasan hutan yang asri dan sejuk di tengah kepadatan kota menjadi daya tarik tersendiri bagi warga masyarakat. Di tempat ini kamu bisa bersantai menikmati suasana alam sembari ngobrol asik bareng keluarga atau sahabat. Cukup rekomended untuk ngadem sekaligus merefresh pikiran.

Lokasi: Jl. Diponegoro, Suka Mulia, Sail, Kota Pekanbaru, Riau.

Danau Bandar Khayangan
Danau buatan dengan luas mencapai kurang lebih 150 hektar ini bukan hanya berfungsi sebagai bendungan irigasi saja tetapi juga dimanfaatkan untuk objek wisata. Di lokasi wisata ini kamu bisa menikmati keindahan danau dengan berkeliling menggunakan sampan atau speedboat. Kamu juga bisa mendaki bukit di sekitar danau untuk bisa menikmati keindahannya dari atas ketinggian.

Lokasi: Jl. Khayangan, Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau.

Masjid Agung An Nur
Masjid 3 lantai yang mampu menampung sekitar 4500 jamaah ini bisa menjadi tujuan wisata religi saat berada di Kota Pekanbaru. Salah satu ikon Kota Pekanbaru ini memiliki design yang unik dengan memadukan gaya arsitektur Arab, Turki dan India yang begitu megah. Keberadaan kolam di depan bangunan masjid juga menambah keindahan. Tidak mengherankan jika masjid ini sering disebut Taj Mahal-nya Kota Pekanbaru.

Lokasi: Jl. Hangtuah, Sumahilang, Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau.

Anjungan Seni Idrus Tintin
Gedung kesenian dan pertunjukan ini memiliki bentuk bangunan khas Melayu Riau dan menjadi salah satu ikon Kota Pekanbaru. Wisata edukasi dan budaya begitu melekat pada tempat ini. Nama bangunan ini tidak lepas dari Idrus Tintin yang merupakan salah satu seniman besar di Riau.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Tangkerang Selatan, Bukit Raya, Pekanbaru, Riau.

Museum Sang Nila Utama
Destinasi wisata edukasi, sejarah dan budaya ini sangat menarik untuk dikunjungi. Di museum ini kamu bisa menyaksikan berbagai kekayaan budaya dan tradisi di Riau, mulai dari baju tradisional Riau, miniatur rumah adat, hingga batu raksasa yang disebut Batu Siput. Selain itu masih banyak lagi koleksi bersejarah yang bisa disaksikan di museum ini.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No. 194, Tengkerang Tengah, Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau.

Citraland Waterpark
Dengan mengusung tema “Everytime is Fun”, taman rekreasi air ini akan memanjakanmu dengan berbagai fasilitas dan wahana permainan yang seru. Berkunjung ke tempat wisata ini adalah pilihan yang paling tepat untuk melengkapi acara liburanmu di Kota Pekanbaru.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta, Kecamatan Tangkerang Barat, Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau.

Kuantan Regency Waterpark
Tempat wisata favorit di Pekanbaru ini menawarkan paket liburan seru dengan harga yang cukup terjangkau. Ada banyak wahana permainan air yang bisa kamu coba untuk bersenang-senang.  Mulai dari twin slide, kolam arus lazy river, kolam ombak hingga laguna. Berenang dan bermain air di tempat ini sangat seru dan menyenangkan.

Lokasi: Perumahan Kuantan Regency No. 1, Jalan Satria, Rejosari, Tenayan Raya, Pekanbaru, Riau.

Trans Studio Mini Pekanbaru
Ada banyak wahana menarik di Trans Studio Mini yang bisa kamu coba untuk mengisi waktu liburanmu di Pekanbaru. Mulai dari bumper car, happy swing, crazy cab coaster, sky rider, hingga carousel. Puas bermain di wahananya, kamu bisa menikmati sajian kuliner di food area.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta, Pekanbaru, Riau.

Perpustakaan Soeman H.S
Menikmati liburan dengan wisata edukasi bisa kamu lakukan di Perpustakaan Soeman H. S.  Perpustakaan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan membuatmu nyaman dan betah. Mulai dari mushola, kantin, kafe, ruang pertemuan hingga auditorium.

Tidak perlu menjadi anggota untuk membaca buku di perpustakaan ini. Tempat ini juga bagus untuk anak-anak karena disediakan Children Library dan Kida Corner yang bikin anak-anak betah.  Dengan ruang baca yang nyaman, plus fasilitas internet gratis siapapun pasti betah menghabiskan waktu santai di tempat ini.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No. 462, Pekanbaru, Riau.

Arboretum Universitas Riau
Arboretum Universitas Riau adalah salah satu hutan sekunder yang masih tersisa di Kota Pekanbaru. Kehadiran hutan ini merupakan kebutuhan yang sangat penting tidak hanya bagi manusia melainkan juga bagi satwa liar. Di sana terdapat danau buatan yang banyak dijadikan sebagai tempat nongkrong. Bahkan dijadikan spot untuk berfoto. Danau buatan ini bukan hanya memberikan kesan yang adem tetapi juga menyajikan spot wisata kece dengan jembatan batu yang melintasi danau. Suasana yang asri dan sejuk, ditambah pemandangan yang indah akan membuatmu betah untuk berlama-lama menikmati waktu santai di tempat ini.

Lokasi: Jl. HR. Subantas Km. 12,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru, Riau.

Agrowisata Tenayan Raya
Ingin menikmati liburan dengan mencicipi manisnya jambu madu yang dipetik sendiri? Langsung saja singgah ke Taman Agrowisata Tenayan Raya (SCW). Sejak dirintis pada tahun 2013 silam, tempat wisata dengan konsep agro-edukasi ini menjadi salah satu destinasi yang banyak diminati. Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di tempat ini, mulai dari outbound, bercocok tanam, menangkap ikan, memetik buah hingga memanen sayuran.

Lokasi:  Jl. Kadiran, Kulim, Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau.

Taman Kota Pekanbaru
Dengan suasana yang asri dan teduh, taman ini bisa menjadi tempat terbaik untuk rileks sejenak dan menyingkir dari keramaian kota. Di taman ini kamu bisa bersantai sambil menikmati suasana atau sekedar nongkrong bareng teman-teman.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Simpang Tiga, Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Riau.

Science Park Universitas Riau
Selain dimanfaatkan para mahasiswa untuk berkumpul dan berdiskusi, taman ini juga ramai dikunjungi oleh maayarakat terutama di sore hari. Suasana alam yang sejuk dan asri, serta fasilitas berupa wahana permainan anak membuat pengunjung semakin betah untuk bersantai di taman ini.

Lokasi: Jl. Binawidya UNRI, Simpang Baru, Tampan, Kota Pekanbaru, Riau.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan