News

Fedli 'Abang Jagok' Azis Terpilih sebagai Ketum DKKP

SUARA PEKANBARU - Musyawarah Seniman Kota (Musenko) Dewan Kesenian Kota Pekanbaru (DKKP) telah memutuskan "Abang Jagok" (Fedli Azis) terpilih sebagai Ketua Umum secara aklamasi. Artinya, ketum dan jajaran nantinya akan mengemban amanah untuk mengembangkan ekosistem seni di kota ini sepanjang, 2020-2025. 

Musenko DKKP yang digelar pada Sabtu (19/12/2025) pukul 10.00 WIB - 14.00 WIB berjalan alot dan bersahabat. Sebanyak 12 seniman utusan kecamatan, plus satu wakil dari pengurus lama mengikuti sidang demi sidang pleno secara intens. Bahkan seniman yang diundang secara antusias dan tidak melewatkan fase-fase dari mekanisme sebuah musyawarah. 

Tampak hadir pada Musenko itu, sesepuh seniman Riau SPN Iwan Irawan Permadi, Ketua Asosiasi Seniman Riau (Aseri), Presiden Penyair Perempuan Indonesia Kunni Masrohanti, Ketua Yayasan Matankari Amirullah Syahruddin, Ketua komunitas RiauBeraksi Willy Fwi, dan banyak lagi. Menariknya panitia tetap menerapkan standar kesehatan Covid-19 dan dipatuhi hingga helat itu berakhir. 

Ketua Panitia Ekky Andika menjelaskan, Musenko DKKP 2020 sudah direncanakan sejak September 2020 lalu. Sejak mendapat mandat dari Pemangku Jabatan Ketum DKKP Hari Sandra Hasan, maka pihaknya bekerja secara maraton untuk mendapat restu Walikota dan jajarannya hingga para camat di 12 kecamatan. 

"Kami sudah menjalankan semua mekanisme yang diatur dalam AD/ART DKKP menyoal pelaksanaan Musenko serta pemilihan ketua umum. Alhamdulillah, semua berjalan lancar dan Fedli Azis terpilih secara aklamasi disaksikan semua seniman yang hadir. Ini masih langkah awal dan ketua terpilih wajib menjalankan amanah ini sepanjang lima tahun ke depan. Kami ucapkan selamat pada ketum terpilih 'Abang Jagok' alias Fedli Azis," ujar Ekky usai acara.

Dalam pernyataan resminya usai terpilih secara aklamasi yang dijalankan panitia dengan offline dan online itu, dirinya merasa tersanjung atas kepercayaan yang diberikan. Apalagi dirinya memang berkeinginan untuk memberi sumbangsih bagi pengembangan ekosistem seni di kota ini. Sebagai pimpinan Lembaga Teater Selembayung, beliau juga sudah mengupayakan hal tersebut sepanjang aktivitas kreatifnya selama 20 puluhan tahun terakhir.

"Ini amanah yang berat dan harus diemban secara maksimal secara bersama-sama. Kami juga akan melibatkan kawan-kawan seniman di kecamatan untuk geliat seni di kawasannya masing-masing. Kami juga sudah melakukan kordinasi dengan berbagai pihak untuk memberikan support," ulas Fedli.

Diakhir sambutannya, "Abang Jagok" menyinggung program utamanya yakni Festival Sungai Sail. Sebuah festival yang memadukan antara seni dan pemberdayaan masyarakat dalam merawat kembali sungai tersebut. Selain mengembangkan aktivitas seni, beliau juga berharap Sungai Sail dikembalikan sebagai halaman depan, bukan parit di belakang rumah yang terbiar, bahkan dijadikan tong sampah seluruh aktivitas masyarakat. 

"Kami akan menggarap program utama yakni Festival Sungai Sail sebagai jalan raya menyatukan seni dan budaya dengan pemulihan lingkungan, dalam hal ini sungai yang tercemar serta terbiar. Normalisasi, bahkan naturalisasi sungai bisa melahirkan gagasan baru untuk segala bidang, termasuk seni dan kesadaran budaya di tengah-tengah masyarakat perkotaan," katanya panjang lebar. 

Ketua Aseri Marhalim Zaini, bahwa Aseri akan melakukan kerja sama dengan DKKP melalui berbagai program, salah satunya Gerakan Seribu Sanggar (Gass). Program utama Aseri itu pun, memiliki visi yang sama dengan DKKP untuk menyemarakkan aktivitas kesenian hingga ke lingkup kecamatan, kelurahan, bahkan sekolah-sekolah. 

"Saya mewakili Aseri mengucapkan tahniah atas terpilihnya Bung Fedli Azis secara aklamasi. Ini menjadi spirit baru pengupayaan pengembangan kesenian lewat jalur semi pemerintah kota," paparnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Matankari Amirullah Syahruddin menambahkan, tak ada waktu lagi untuk "berleha-leha". Ketum terpilih wajib mempercepat penyusunan pengurus dan menyusun program unggulan mereka untuk diaplikasikan ketengah-tengah masyarakat. Syabas Bung Fedli Azis," ujarnya.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan