News

Warga Belum Patuh, Pekanbaru Bakal Perpanjang PSBB

Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT

SUARA PEKANBARU - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Pekanbaru akan berakhir 30 April 2020, dan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan memperpanjang kebijakan itu selama 14 hari kedepan. 
 
Walikota (Wako) Pekanbaru, Firdaus mengatakan, untuk perpanjangan PSBB tersebut secara lisan sudah mendapat persetujuan dari Gubernur Riau, Polda Riau, dan Danrem 031 Wirabima.  
 
"PSBB kan tinggal 3 hari lagi. Kemudian kita akan melanjutkan atau memperpanjang (PSBB) 14 hari ke depan," kata Wako Firdaus kepada pewarta, Senin (27/4/2020) di Gedung Daerah Pekanbaru. 
 
Namun, kata Wako, sebelum perpanjangan dilakukan pihaknya akan melakukan evaluasi PSBB secara komprehensif terhadap metode PSBB yang diberlakukan saat ini di Pekanbaru.  
 
Lebih lanjut Firdaus menyampaikan, soal pemberlakuaan PSBB di Pekanbaru yang menutup jalan protokol pada siang hari. "Untuk siang hari, di dalam pengaturan pergerakan masyarakat, itu per zona kita berlakukan, dan tidak semua wilayah. Artinya masyarakat masih bisa bergerak bagi yang berkepentingan," katanya.  
 
Sedangkan pada malam hari sebut Wako, PSBB lebih diperketat mulai pukul 20.00 WIB sampai 05.00 WIB secara keseluruhan di Pekanbaru.  "Sedangkan dari pukul 05.00 WIB sampai 14.00 WIB siang kita beri kesempatan bagi yang berkepentingan mencari nafkah, termasuk untuk pusat ekonomi,  pelayanan kesehatan dan publik," terangnya.  
 
Meski begitu, kata Wako, setiap zona dilakukan pengarahan pergerakan masyarakat atau pengalihan penataan arus dengan berkoordinasi dengan Polda Riau dan Polresta Pekanbaru.  
 
"Jadi yang kita lakukan sekarang mengatur pergerakan untuk distribusi lalulintas. Jadi masyarakat tidak 1x24 jam di rumah. Namun bagi yang tidak berkepentingan mereka harus di rumah," terangnya.  
 
"Yang berkepentingan silahkan. Misalnya saat cek poin dia bekerja dan harus melewati jalan itu, silahkan diberi jalan," pungkasnya.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan