News

Kelurahan di Pekanbaru Diharapkan Bentuk MPA Bertuah, Apa Itu?

 

SUARA PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, menginginkan Masyarakat Peduli Api (MPA) Bertuah bisa dibentuk di tiap-tiap kelurahan khususnya yang rawan terjadi kebakaran lahan.

Saat ini, MPA Bertuah baru terbentuk di Kelurahan Bandaraya, Kecamatan Payung Sekaki. Beranggotakan 10 orang relawan, MPA Bertuah Kelurahan Bandaraya tersebut dikukuhkan secara resmi oleh Pj Walikota Pekanbaru Muflihun diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Masykur Tarmizi, Rabu (13/9).

“Ke depan, kami minta juga direkrut di kelurahan lain yang berpotensi terjadi kebakaran lahan," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, Kamis (14/9).

Disampaikannya, MPA Bertuah di Bandaraya memang sangat diperlukan lantaran kelurahan itu rawan terjadinya kebakaran lahan karena masih banyak terdapat lahan gambut.

"Di Kelurahan Bandaraya itu ibaratnya gambutnya masih banyak, sehingga perlu kita kawal secara dini," ujarnya.

Dengan adanya MPA Bertuah di tiap-tiap kelurahan, lanjut Zarman, mereka akan menjadi garda terdepan BPBD dalam melakukan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Ke depan untuk jangka panjang, makanya kita akan bentuk lagi di kelurahan lain yang mana nantinya bisa kami berdayakan dalam hal menanggulagi kebakaran lahan," tutupnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan