News

Buang Sampah Sembarangan, 32 KTP Pelaku Disita dan Kena Bayar Denda

sumber;internet

SUARA PEKANBARU - Puluhan orang terciduk Tim Satgas Gakkum Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru lantaran buang sampah sembarangan.

Petugas terpaksa menindaknya lantaran membuang sampah tidak pada tempatnya. Mereka juga membuang sampah di tempat pembuangan di luar jadwal seharusnya. Saat ini tim sudah menindak 32 orang yang buang sampah seenaknya.

Satu di antaranya terciduk buang sampah sembarangan di Jalan Jendral, Kota Pekanbaru, Rabu (24/7/2019). Informasi yang didapat, pengendara membuang sampah styrofoam tepi jalan. Petugas langsung menindaknya. Mereka menyita KTP pelaku hingga pelaku bayarkan denda.

Petugas juga sempat mendapati pelaku yang bakar sampah sembarangan. Pelaku berada di sebuah pabrik roti Kawasan Kulim.

"Jadi kami tidak cuma menindak yang buang sampah sembarangan, tapi mereka yang bakar sampah sembarangan juga ditindak," terang Kepala DLHK Kota Pekanbaru melalui Kasi Penegakan Hukum Lingkungan, Rubi Adrian, Kemarin.

Menurutnya, petugas tidak segan menyita KTP para pelaku buang sampah sembarangan. Walau sempat ada perlawanan dari sejumlah pelaku. Mereka tidak jarang mendapat makian dari para pelaku yang keberatan ditindak. Ia menilai penindakan ini memang ada perlawanan di lapangan. Banyak pelaku yang keberatan didenda oleh petugas.

Besaran denda tergantung volume sampah yang dibuang. Besaran minimal denda yakni Rp 250.000 sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kota Pekanbaru Pelanggaran No. 8 tahun 2014 tentang pengelolaan sampah.

Besaran denda diatur dalam Peraturan Walikota Pekanbaru No.134 tahun 2018 tentang tata cara pengenaan sanksi admistrasi terhadap pelanggaran perda itu. Ia juga ingatkan masyarakat buang sampah Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang ada. Masyarakat bisa membuangnya sesuai jadwal yakni pukul 19.00 WIB hingga 05.00 WIB.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan