News

Wali Kota: PT Harus Miliki Prodi yang Terhubung dengan Dunia Kerja

SUARA PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Dr H Firdaus MT mengatakan, kampus punya peran menyiapkan sumber daya manusia unggul. Mereka harus punya daya saing yang tinggi.

"Perguruan tinggi harus punya Prodi yang terhubung dengan dunia kerja," ujarnya pada diskusi panel dalam Kongres IV UIR , pada Jumat (14/2/2020).

Firdaus menilai, kampus harus menyiapkan lulusan yang sesuai kebutuhan pasar kerja. Kondisi ini terlihat dari rendahnya serapan tenaga kerja dalam bursa kerja. Banyak lulusuan perguruan tinggi yang tidak lulus kualifikasi dalam bursa kerja.

"Setiap tahunnya cuma berkisar 20 hingga 30 persen yang kualified dalam dunia kerja, ini tantangan buat kampus. Padahal ada banyak lapangan kerja," paparnya.

Anggota Komisi VII DPR RI, Abdul Wahid, mendorong kawula muda meningkatkan keterampilan. Insan kampus nantinya hanya lima semester belajar di kelas.

"Selanjutnya tiga semester mereka bisa meningkatkan potensi mahasiswa dengan magang di BUMN dan swasta," ujarnya.

Politisi PKB ini juga mendorong industri nasional untuk menerapkan teknologi. Hal ini seiring perkembangan teknoloIa menilai kondisi ini jadi tantangan bagi kawula muda yang bakal memasuki dunia kerja. "Mereka harus menyiapkan diri dan menghadapi dunia kerja," pungkasnya. (advertorial)





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan