News

Masyarakat Pekanbaru Diimbau Lunasi Pajak Sebelum Tahun 2022 Berakhir

SUARA PEKANBARU - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) secara masif mengajak masyarakat untuk melunasi pajak daerahnya berakhir 2022. Kemudahan dan kemurahan yang ditawarkan berupa penghapusan denda (sanksi administratif) terhadap sebelas jenis pajak daerah.

Bapenda konsisten melakukan percepatan-percepatan agar informasi ini sampai ke seluruh lapisan masyarakat. Desember 2022 ini juga telah ditetapkan Bapenda sebagai Bulan Lunas PBB.

Sementara, Sekretaris Bapenda Ade Rinaldi mengungkapkan, penghapusan denda merupakan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak. Penghapusan denda ini mendorong percepatan optimalisasi pendapatan asli daerah dari sektor pajak daerah.

Kepala Bidang (Kabid) Pajak daerah I, Recko Roendra menyampaikan, suksesi program Lunas PBB 2022 menjadi fokus utama Bidang Pajak Daerah (PD) I yang menjadi leading sector dalam pengelolaan Pajak PBB.

Berdasarkan SOTK Bapenda Pekanbaru, Bidang Pajak Daerah I merupakan anggota organisasi yang ditugasi mengelola tiga jenis pajak daerah yaitu Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perkotaan & Pedesaan (PBB-P2), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), dan Pajak Penerangan Jalan (PPJ).

“Kami terus mengoptimalkan upaya peningkatan realisasi pajak daerah terutama pada sektor PBB-P2," ujarnya.

Dalam rangka memasifkan informasi terkait kemudahan dan keringanan kepada masyarakat, Bapenda aktif menginformasikan setiap harinya lewat flyer (selebaran) di media sosial (medsos) untuk mengingatkan masyarakat agar tidak ketinggalan dalam memanfaatkan kemudahan dan kemurahan layanan ini.

Selain itu, Bapenda juga menggaet pemuka agama dalam sosialisasi pembayaran Pajak PBB-P2 kepada umat atau jemaat masing-masing. Hal ini guna mendorong edukasi kepatuhan wajib pajak melalui surat resmi kepala Bapenda kepada pengurus masjid, musala, gereja, dan vihara.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan