News

Lindungi Perempuan dan Anak, 26 PATBM Terbentuk di Kota Pekanbaru

Foto bersama

SUARA PEKANBARU - 26 Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) terbentuk selama tahun 2019 di Kota Pekanbaru.

Satu PATBM yang terbentuk tahun ini yakni di Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru. Proses pengukuhannya Senin (30/12/2019) sore kemarin. Pengukuhan berlangsung di aula Kecamatan Sukajadi. Camat Sukajadi, Abdul Barri mengukuhkan para pengurus.

Pengurus PATBM adalah pewakilan dari tujuh kelurahan di kecamatan itu. Mereka berasal dari Kelurahan Jadirejo, Kelurahan Harjosari, Kelurahan Sukajadi, Kelurahan Kampung Melayu, Kelurahan Kampung Tengah, Kelurahan Pulau Karomah dan Kelurahan Kedung Sari.

"Jadi pengurus PATBM tujuh kelurahan di Kecamatan Sukajadi sudah terbentuk," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Pekanbaru melalui Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), Sarkawi, Senin sore.

Setiap kelurahan ada sepuluh orang pengurus. Mereka punya tiga tugas pokok dalam PATBM. Mereka nantinya diharapkan bisa mengidentifikasi kasus anak yang terjadi di lingkungannya. Baik kasus kekerasan maupun pelecehan terhadap anak.

Ada juga permasalahan administrasi kependudukan anak. Para pengurus PATBM juga ikut terlibat sosialiasi ke masyatakat tentang upaya perlindungan perempuan dan anak.

Mereka juga harus melaporkan kasus yang terjadi ke Unit Layanan Perlindungan Perempuan dan Anak DP3A Kota Pekanbaru di Jalan Dagang. Mereka memiliki satu advokat, dua psikolog, tiga konselor dan satu administrator.

"Mereka harus jadi pelapor, laporkan kasus yang terjadi di lingkungannya," paparnya.

Sebelumnya, PATBM di sejumlah kecamatan juga dikukuhkan beberapa hari lalu. Mereka sudah kukuhkan PATBM kelurahan di Kecamatan Tampan, Kecamatan Lima Puluh dan Kecamatan  Pekanbaru Kota.

"Pengukuhan hari ini adalah pengukuhan PATBM yang terkahir untuk tahun ini," paparnya.

Jumlah PATBM yang terbentuk di Kota Pekanbaru mencapai 41. PATBM ini terbentuk sejak tahun 2017. Awalnya tahun 2017 ada 10 PATBM. Lalu pada tahun 2018 terbentuk 5 PATBM. DP3A menargetkan PATBM terbentuk di seluruh kelurahan.

"Ini adalah upaya kita bersama mewujudkan Pekannaru Kota Layak anak. Kota yang bebas dari kekerasan terhadap anak," harapnya.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan