Infoterial

Ingat! Ini Yang Buat Lamaran di Seleksi CPNS 2019 Tidak Diterima

Ilustrasi.(sumber;internet)

SUARA PEKANBARU - Pemerintah sudah mengumumkan secara resmi seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) digelar Oktober 2019. Ada dua jenis pilihan yang bisa diikuti masyarakat, yakni seleksi CPNS dan P3K Tahap Kedua. Total kebutuhan ASN nasional 2019 mencapai 254.173 yang mencakup 100.000 ribu formasi CPNS dan 100.000 formasi P3K tahap kedua. 

Disebutkan juga panitia menyiapkan 108 titik lokasi di seluruh Indonesia yang bisa dijadikan lokasi ujian dan bekerja sama dengan sejumlah instansi pusat dan daerah. 

"Jika diprediksi, akan ada 5,5 juta orang yang ikut seleksi Oktober mendatang. Dengan jumlah lokasi yang kita punya, tentu tidak cukup untuk pelaksanaan seleksi serentak. Oleh karena itu beberapa opsi sedang disiapkan dengan kerja sama instansi di pusat dan daerah," terang Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana.

Selain meminta masyarakat mempersiapkan diri, Bima yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana Panitia Seleksi ASN Nasional (Panselnas) ini mengingatkan calon peserta untuk teliti dalam administrasi. Dia meyampaikan sejumlah kendala yang dialami pelamar CPNS 2018, di antaranya; Database kependudukan yang tidak update, terutama kesulitan pelamar melakukan update Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) daerah dan pusat. Selain itu, ada sejumlah ijazah pelamar tidak sesuai kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan, KTP yang diunggah pelamar tidak jelas atau bukan KTP asli, dan sejumlah dokumen pendukung yang dilampirkan tidak lengkap. 

"Beberapa permasalahan ini yang menjadikan peserta tidak memenuhi syarat administrasi. Jadi dari sekarang untuk yang berminat melamar perhatian itu semua. Jika tidak, bisa saja anda gagal di administrasi," pesannya.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan