News

Alhamdulillah, Kadiskes Pastikan Covid-19 Varian Baru Arcturus Belum Ada di Riau

 

SUARA PEKANBARU - Soal penyebaran Covid-19 varian XBB.1.16 Arcturus yang disebut varian baru, dikabarkan telah menular pada sejumlah warga di DKI Jakarta.

Beberapa kasus di India, varian baru Covid-19 Arcturus dikabarkan banyak menyerang anak-anak dengan gejala mata memerah dan belekan.

Dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Covid-19 Arcturus sejauh ini belum dilaporkan adanya penyebaran di Riau.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Zainal Arifin mengungkapkan, sejauh ini pihaknya masih menunggu arahan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, terutama apa langkah-langkah yang harus dilakukan daerah untuk mengantisipasi penyebaran.

“Secara langsung kita memang belum dapat edaran atau arahan dari Kemenkes RI,” katanya, Senin (17/4/20233)

Kendati demikian, Zainal Arifin meminta agar masyarakat tidak perlu panik, dan tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa dengan catatan memperketat protokol kesehatan.

“Masyarakat di Riau khususnya, tidak perlu khawatir (dengan adanya kabar Covid-19 varian Arcturus), sepanjang protokol kesehatan dilaksanakan,” tambahnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Covid-19 varian XBB.1.16 Arcturus yang disebut dengan varian baru, dikabarkan telah menular pada sejumlah warga di DKI Jakarta.

Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ngabila Salam menyebutkan, bahwa pasien yang positif Arcturus memiliki gejala yang berbeda dari varian Covid-19 lain.

Informasi ini disampaikannya melalui akun Instagram @pandemictalks. Dijelaskan, berdasarkan data di India, varian Arcturus ini masih merupakan turunan Omicron.

“Disebutkan memiliki gejala baru yang berbeda dari varian lainnya, yaitu mata merah dan peningkatan kotoran mata,” katanya.

Selain mata merah dan belekan, gejala lain yang dialami pasien positif Arcturus ialah batuk kencang dan dada sakit.

Meskipun demikian, Ngabila meminta masyarakat untuk tidak panik dengan varian baru Covid-19 ini. Ia kemudian mengimbau agar tetap mengenakan masker ketika flu atau tidak enak badan.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan