News

Cegah Banjir, Pj Walikota Pekanbaru Ajak Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

SUARA PEKANBARU - Pj Wali Kota Pekanbaru Mufihun S.STP M.AP mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menggalakkan gotong royong (Goro) membersihkan lingkungan. Terutama membersihkan drainase dari sampah.

Bukan itu saja, kepada camat dan lurah, orang nomor satu di Kota Pekanbaru ini juga meminta ikut turun bersama masyarakat. Dan kepada Babinsa dan Babinkamtibmas diharapkan dapat melakukan pengawasan.

Ini disampaikan Pj Wali Kota Muflihun saat meninjau beberapa lokasi yang terdampak banjir, diantaranya di Jalan Gunung Raya, Rejosari, Kecamatan Sail.

"Kita mengimbau masyarakat untuk menggalakkan gotong royong. Untuk (tempat tinggal) yang berseberangan dengan drainase, jangan membuang sampah ke dalam drainase. Tadi saya putar ke beberapa lokasi, saya melihat parit itu berumput dan banyak sampah," ujar Muflihun, Kamis (6/10).

"Saya juga mengimbau pak camat, pak lurah dan bantuan dari Babinkamtibmas dan Babinsa untuk melakukan pengawasan. Kasihan masyarakat, kalau sudah terjadi musibah banjir, dikhawatirkan akan timbul berbagai macam penyakit. Camat juga harus lebih ekstra kebawah," imbuhnya.

Kepada pemilik ruko, ia juga mengingatkan agar parit yang ada didepan ruko tidak dipersempit.

"Saya juga minta perhatian kepada pemilik ruko, kita ambil sampel di Jalan Arifin Ahmad, Jalan Subrantas, itu jembatan yang ada diatas parit di depan ruko itu sudah tidak sesuai lagi dengan porsinya. Parit yang ada didepan ruko itu jangan diperkecil dan dibuat juga bak kontrolnya. Kita kuatir dibawah parit itu ada sumbatan," sebutnya.

Disebutkan, banjir yang melanda merupakan bencana alam, disebabkan meluapnya aliran sungai. Namun demikian, Pj Wali Kota mengingatkan masyarakat agar menggalakkan goro.

"Kita imbau kepada masyarakat agar tetap waspada. Mana rumah yang berada dipinggir sungai, harus lebih berhati hati dan waspada. Ini bencana. Karena semua sungai di kota Pekanbaru ini meluap. Marilah kita sama-sama peduli dengan lingkungan rumah kita. Jangan ada sampah yang menyumbat drainase," ucapnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan