News

Cegah Banjir, Wawako Pekanbaru Ingatkan Dinas Terkait Langkah Pencegahan

SUARA PEKANBARU - Wakil Walikota (Wawako) Pekanbaru, Ayat Cahyadi mengingatkan dinas terkait agar mencegah terjadinya banjir. Apalagi banyak kawasan yang tergenang banjir akibat kenaikan permukaan air sungai.

"Dinas terkait harus melakukan langkah antisipasi, mereka harus mencegah terjadinya banjir terutama di kawasan aliran sungai," tegasnya, Senin (22/11).

Pemerintah kota sudah berupaya melakukan penanganan banjir secara bertahap. Kota Pekanbaru juga sudah memiliki master plan penanganan banjir di seluruh wilayah kota.

Ayat menyadari bahwa pemerintah kota tidak bisa melakukan pembangunan untuk penanganan  banjir secara menyeluruh. Ia menyebut bahwa untuk pembangunan infrastruktur penanganan banjir butuh anggaran hingga ratusan miliar rupiah.

Anggaran ini untuk menangani banjir secara menyeluruh di wilayah Kota Pekanbaru. Namun kondisi keuangan pemerintah kota belum memungkinkan karena terdampak penanganan pandemi Covid-19.

Dirinya pun mengingatkan agar dinas terkait melakukan normalisasi sungai di wilayahnya. Ia menyebut cara ini sebagai langkah antisipasi mencegah luapan air sungai di sekitar pemukiman.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru sudah melakukan normalisasi aliran sungai. Ada alat berat untuk membantu pengerukan aliran sungai yang mengalami pendangkalan.

Upaya lainnya dari dinas yakni melakukan pengerukan di anak sungai yang ada. Mereka juga melakukan pengerukan secara manual.

Indra tidak menampik masih ada titik banjir di sejumlah wilayah pemukiman. Kebanyakan kawasan itu terendam banjir akibat luapan aliran Sungai Sail.

Dirinya mengaku belum banyak titik pendangkalan aliran Sungai Sail yang dikeruk. Mereka baru mengeruk endapan aliran Sungai Sail di Jalan Setia Maharaja ujung.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan