News

DPMPTSP Pekanbaru Dukung dan Sambut Baik Peluncuran Sistem OSS Berbasis Risiko

SUARA PEKANBARU - Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru yang juga merangkap sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Muhammad Jamil mengikuti Peluncuruan Sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko secara virtual di ruang Rapat MPP, Senin (9/8/2021) kemarin.

Peluncuran Sistem OSS Berbasis Risiko merupakan layanan daring penerbitan izin berusaha untuk memudahkan pengusaha mikro hingga besar, langsung diresmikan oleh Presiden Joko Widodo melalui daring di Pusat Komando Operasi dan Pengawalan Investasi, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta.

Dalam sambutannya Presiden mengatakan, “Hari ini kita meluncurkan Online Single Submission (OSS) berbasis risiko. Ini merupakan reformasi yang sangat signifikan dalam perizinan. Menggunakan layanan perizinan secara online yang terintegrasi, terpadu dengan paradigma perizinan berbasis risiko”.

Sebelumnya Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menjelaskan bahwa OSS berbasis risiko merupakan salah satu implementasi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU CK).

"Ini adalah amanah UU Cipta Kerja, dimana pemerintah wajib memberikan kepastian, kemudahan, efisiensi, dan transparansi bagi pelaku usaha. Sesuai arahan Bapak Presiden, saat ini kita menjalankan konsep “rem dan gas”. Bagaimana satu sisi kita menyelesaikan covid-19, dan di sisi lain, ekonomi harus jalan," ujarnya.

“Jadi tidak ada alasan lagi untuk adik-adik kita yang memulai usaha UMK itu yang mengatakan izin itu butuh biaya lagi, enggak ada lagi, Pak. Enggak perlu lagi ketemu menteri, enggak perlu lagi ketemu kepala daerah, cukup lewat OSS dia akan mendapatkan (izin) karena itu masuk dalam skala rendah,” jelas Bahlil.

Pada kesempatan itu Presiden mengimbau para pengusaha, para investor dan pelaku UMKM agar memanfaatkan OSS yang telah diluncurkan ini. Presiden menyebut “OSS merupakan layanan yang super mudah dan yakin OSS akan membuat iklim kemudahan berusaha di Indonesia semakin baik”.

Sementara itu, DPMPTSP Pekanbaru mendukung dan menyambut baik Peluncuran Sistem OSS berbasis Risiko. 

"Dengan adanya Sistem OSS Berbasis Risiko ini diharapkan dapat memudahkan perizinan, investor semakin banyak datang ke Pekanbaru dan UMKM di Kota Pekanbaru tumbuh dan berkembang sehingga dapat meningkatkan perekonomian Kota Pekanbaru," pungkas Plt. Kepala DPMPTSP Kota Pekanbaru, M Jamil.(Advetorial)





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan