News

Dampingi Presiden Tinjau Tol Pekanbaru - Dumai, Begini Harapan Wali Kota

SUARA PEKANBARU - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo beserta Rombongan didampingi Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution serta Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT meninjau Jalan TOL Ruas Pekanbaru - Dumai, Jum'at (21/2/2020).

Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km diharapkan pada April 2020 pembangunan jalan tol pertama di Riau ini rampung.

"Kita harapkan nanti akhir April selesai, bisa pakai. Sehingga pada saat lebaran semuanya bisa lewat di sini. Kalau dulu mungkin 4-5 jam (Pekanbaru-Dumai). Kini jadi paling satu setengah jam," kata Jokowi.

Dia menjelaskan, panjang Tol Sumatera sekitar 2.900 km. Dari panjang tersebut yang telah beroperasi sekitar 460 km dan proses konstruksi 490 km. Tahun ini dilelang ada 740 km. Diharapkan, pada 2024 seluruh jalan tol tersambung.

"Meskipun saya cek Internal Rate of Return (IRR) masih pada angka 8-9, tapi ya harus dimulai. Kalau tidak dimulai dan nunggu IRR harus tinggi 12 persen ya tidak akan dimulai mulai," kata Jokowi.

Dengan adanya infrastruktur jalan tol ini, kata Jokowi, semuanya akan menjadi cepat untuk mobilitas barang dan masyarakat.

"Sehingga daya saing kita juga makin baik. Itu nanti kelihatan dalam index competitiveness akan kelihatan di situ. Stok infrastruktur kita juga meningkat baik," kata Jokowi.

Ditempat yang sama Wali Kota Pekanbaru, Dr Firdaus MT juga setuju dengan pendapat Presiden Joko widodo. Jika seluruh seksi tol tuntas dan bisa dilewati dari Dumai ke Pekanbaru, ini juga potensial untuk pertumbuhan ekonomi tak hanya di Kota Pekanbaru saja, tapi kabupaten dan kota lain di Riau.

Ia juga berharap, jalur tol ini bisa mendukung perekonomian. "Jadi kawasan ekonomi dan industri di Pekanbaru bisa dilintasinya, akses menjadi cepat," singkatnya.

Dalam peninjauan itu turut hadir Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Indonesia, Moeldoko. (advertorial)





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan