News

Kios Siap Dibangun, Kadisperindag Pekanbaru Pastikan Tak Ada Lagi Pungli Pedagang

 

SUARA PEKANBARU - Para pedagang segera menempati kios sementara di Pasar Cik Puan, Kota Pekanbaru. Mereka menempati kios sementara pasca kebakaran yang melanda pada Februari 2023 lalu.

"Kami ingatkan juga tidak ada pungli atau bayaran tambahan bagi pedagang yang hendak menempati kios sementara," tegas Kepala Dinas Perindustrian dan Pedagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin.

Pihaknya bersama instansi terkait bakal menindak oknum yang memungut pungutan di atas besaran retribusi bagi pedagang. Mereka bakal menelusuri aliran uang yang melebihi retribusi.

"Kami tertibkan kembali, kami telusuri uangnya kemana. Kan retribusi cuma dua ribu rupiah," paparnya.

Zulhelmi menegaskan bahwa pihaknya bakal melakukan pengawasan terhadap aktivitas para pedagang. Pihaknya juga menyiapkan regulasi selama pedagang menempati kios sementara tersebut.

"Kami juga bakal mengantisipasi munculnya preman, yang menjual lapak di dalam Pasar Cik Puan. Tentu kita butuh dukungan instansi terkait lainnya," jelasnya.

Dirinya menyampaikan bahwa pedagang tidak boleh menambah titik listrik sembarangan. Mereka harus meminta izin bila ingin memasang titik listrik baru lewat biro yang ditunjuk.

Zulhelmi menyebut penempatan para pedagang di kios sementara menanti arahan dari Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun. Ia mengklaim pembangunan 220 kios sudah tuntas sehingga para pedagang tinggal menunggu waktu penempatan.

Pembangunan kios sementara ini bersamaan dengan pembuatan akses jalan dan pengerukan drainase di kawasan Pasar Cik Puan. Ada akses jalan di setiap blok yang ada di kawasan kios sementara.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan