Infoterial

Pelayanan Berbasis Teknologi, Diskes Rancang Aplikasi E-Kesehatan

Plt Kadiskes Pekanbaru Muhammad Amin

SUARA PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru tahun ini merancang aplikasi kesehatan elektronik atau e-kesehatan yang akan menjadi pusat data kesehatan berbasis online.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskes Pekanbaru Muhammad Amin menyebut, e-Kesehatan merupakan salah satu upaya pihaknya dalam meningkatkan kinerja dan layanan kesehatan di seluruh puskesmas serta RSD Madani.

Melalui e-Kesehatan, kata Amin, pihak puskesmas dan RSD Madani akan dimudahkan di dalam menyampaikan laporan kinerja serta mencari tau data penyakit maupun progres pelaksanaan program di Dinas Kesehatan.

"Kapus (kepala puskesmas) sendiri sangat menyambut baik dengan pembentukan e-Kesehatan ini, karena akan mempermudah mereka menyampaikan laporan," ujarnya, Selasa (7/1/2020).

"Untuk itu, tahun ini kita berharap pelaporan secara online melalu e-Kesehatan ini sudah terlaksana," harap mantan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru ini.

E-Kesehatan, lanjut Amin, juga sejalan dengan program Smart City dan visi misi Walikota-Wakil Walikota Pekanbaru yakni meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat, berpendidikan dan mampu bersaing di berbagai bidang.

"Jadi melalui e-Kesehatan, kita optimis dapat menuntaskan berbagai persoalan yang menyangkut masalah kesehatan dan mencapai masyarakat yang sehat sesuai visi misi walikota dan wakil walikota," ucapnya.

Lebih jauh disampaikan Amin, dalam penerapan e-Kesehatan nanti akan ada tim IT khusus yang bertugas menyampaikan dan menerima laporan secara online baik di puskesmas maupun di Dinas Kesehatan.

"Sementara untuk server, kita minta bantu Kominfo. Kita sudah koordinasikan dan Kominfo menyatakan siap mendukung," tutup dia.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan