Infoterial

Anak Usia 6 Tahun 'Bisa' Daftar Masuk SD, Ini Syaratnya

Ilustrasi.(sumber;internet)

SUARA PEKANBARU- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru akan membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Dasar tahun ajaran 2019/2020 mulai tanggal 1-5 Juli mendatang. Namun, ada syarat khusus bagi calon anak didik yang masih berusia 6 tahun.

Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal, mengatakan dalam penerimaan siswa SD diprioritaskan calon yang sudah berumur 7 tahun. Hal tersebut sesuai Peraturan Menteri (Permen) Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 17 tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

“Kita juga telah mendapatkan petunjuk teknis dari pusat dan arahan, anak yang masuk SD tahun ini umurnya wajib 7 tahun. Nanti ada kita rangkingkan berdasarkan umur mereka jika ada kisaran 6,5 hingga 7 masih kita terima. Jika umur anak 6 tahun wajib rekomendasi dari psikolog,” kata Jamal, Sabtu (15/6/2019).

Jamal mengatakan, siswa yang masuk SD namun belum sesuai dengan umur yang ditetapkan, sistem data pusat tidak akan menerima atau merekam, sehingga anak tersebut tidak tercatat dan tidak mendapatkan nomor induk siswa nasional. Terkecuali usia 6 tahun per 1 Juli tetapi memenuhi syarat dimaksud.

“Ada beberapa alasan mengapa usia masuk SD ditetapkan 7 tahun dan minimal 6 tahun dengan catatan, yakni mengenai aspek fisik, dimana pada usia 7 tahun anak dianggap paling siap secara fisik. Menurutnya, untuk memegang pensil misalnya, anak sudah lebih mampu jika harus menulis sendiri tanpa bantuan orang dewasa,” ujarnya.

Sementara untuk anak yang terlalu dini masuk SD umumnya masih bermasalah, khususnya di kelas satu karena ia belum siap untuk belajar berkonsentrasi.

“Meskipun secara kemampuan intelektualnya dia sudah cukup mampu menyelesaikan soal-soal yang disediakan, walau umumnya anak yang terlalu dini masuk SD memang cukup matang secara akademik lebih mandiri dan juga tidak lagi terlalu tergantung pada orang tuanya,” pungkasnya.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...