Bebual

Mundur dari Dosen, Rektor UIN Syarif Kasim Panggil Ustaz Abdul Somad Pekan Depan

sumber;internet

SUARA PEKANBARU - Tim Pembinaan Pegawai Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau telah melakukan rapat membahas surat pengunduran diri Ustaz Abdul Somad (UAS) pada Rabu (16/10/2019).

"Iya kemarin (Rabu) kita sudah rapat membahas soal pengunduran diri beliau (UAS)," kata Rektor UIN Suska Riau, Prof Akhmad Mujahiddin kepada CAKAPLAH.COM, Kamis (17/10/2019).

Dia mengatakan, dalam rapat tersebut memutuskan berdasarkan surat pengunduran diri UAS akan diproses pemberhentiannya melalui keputusan rektor sesuai dengan KMA Nomor 441 Tahun 2018 tentang Pemberian Kuasa untuk atas nama Menteri Agama Menandatangani Keputusan Pemberhentian PNS pada Kementerian Agama.

"Jadi proses pemberhentian beliau sebagai PNS UIN Suska Riau setelah kita lakukan klarifikasi saya sebagai rektor kepada UAS," terangnya.

Lebih lanjut Prof Akhmad mengatakan, untuk proses klarifikasi itu pihaknya sudah mengirimkan surat panggilan pertama kepada UAS pada 16 Oktober kemarin. Pemanggilan tersebut dijadwalkan pada 23 Oktober mendatang.

"Sebelum proses pemberhentian dilakukan, kita perlu lakukan klarifikasi atas permohonan beliau yang disampaikan pada 24 Juli lalu," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya Ustaz Abdul Somad melepaskan statusnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau.

Kesibukannya berdakwah keliling Nusantara dan sejumlah negara menjadi alasan UAS mundur dari dosen dan PNS.

Hal tersebut dibenarkan Plt Wakil Rektor II UIN Suska Riau Dr Ahmad Supardi Hasibuan kepada pewarta, Selasa (15/10/2019).

"Benar (Ustaz Abdul Somad mundur sebagai PNS, red). Mundur beberapa waktu lalu," kata Ahmad Supardi.

Namun demikian mantan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau itu lupa kapan Ustaz Abdul Somad memasukkan surat pengunduran dirinya ke rektorat. "Saya lupa pula tanggalnya. Tapi yang pasti saat ini sedang kita proses," jelasnya.

Ketika ditanya apa alasan Ustaz Abdul Somad Mundur dari UIN sekaligus mundur dari PNS, Ahmad Supardi mengatakan salah satunya karena sibuk berdakwah.

"Beliau mundur karena alasan sibuk berdakwah. Kemudian tidak bisa memenuhi jam tugas mengajarnya," katanya lagi.

Lantas benarkah Ustaz Abdul Somad mundur dari PNS karena mendapat sanksi karena pernah mendukung salah satu calon presiden pada pilpres lalu seperti yang beredar? Ahmad Supardi membantahnya.

"Tidak benar itu. Tidak pernah ada sanksi untuk Ustaz Abdul Somad. Ia mundur murni karena alasan sibuk," tegasnya.

Kepala Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK) UIN ini menjelaskan setelah Ustaz Abdul Somad memasukkan surat pengunduran dirinya, maka pihak rektor akan memprosesnya. Proses pemberhentian juga tidak terlalu ribet.

"Cukup kita saja yang memberhentikannya, nanti kita laporkan ke Jakarta," tutup Supardi.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...