News

Tugu Adipura Kota Pekanbaru Mulai Diperbaiki

SUARA PEKANBARU - Tugu Adipura Kota Pekanbaru mulai diperbaiki. Tugu yang berada di seberang Kantor Walikota Pekanbaru Jalan Jenderal Sudirman itu sempat terbengkalai beberapa tahun.

Kuningan yang menempel di tugu itu diduga dicuri orang tak dikenal. Lama tugu peninggalan mantan Walikota Pekanbaru terdahulu itu terbengkalai.

"Sudah mulai kita perbaiki tugu Adipura," kata Kepala Bidang Pertamanan Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Edwar Riansyah, Senin (30/9/2019).

Pria yang akrab disapa Edu ini mengungkapkan, anggaran perbaikan itu sistem Penunjukan Langsung. Anggaran yang dihabiskan kurang dari Rp200 juta.

"Estimasi (selesai) 90 hari kerja. PL (Penunjukan langsung) di bawah Rp200 juta," jelasnya.

Kata dia, lempengan kuningan yang hilang sudah diganti. Kuningan pengganti itu kata dia dipesan dari Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Soal pemindahan tugu yang sempat direncanakan, batal.

"Sebelumnya kita tak berani membongkar atau memperbaiki tugu, takut nanti lempengan kuningannya belum selesai. Kalau begitu keadaannya, kan repot juga, bisa terbengkalai pekerjaan kita. Tugu itu kita perbaiki sama seperti waktu sebelum rusak tidak ada yang diubah," papar Edu.

Dinas PUPR akan berkoordinasi dengan Diskominfo untuk memasang CCTV di sekitar tugu. Sebab, jika tidak diawasi, dikhawatirkan akan dirusak dan dicuri lagi.

"Untuk faktor keamanan, di sekitar lokasi akan kita pasang CCTV, sudah kita koordinasikan dengan Dinas Kominfo," jelas Edu.

Seperti diketahui kondisi rusak disertai hilangnya beberapa lempengan pada tugu Adipura sudah terjadi sejak Bulan Juli tahun 2016 silam. Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus MTsebelumnya mengatakan, tugu pasti diperbaiki karena merupakan aset dari Pemerintah Kota Pekanbaru.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan