News

Prodi S2 Ilmu Komunikasi Unri Berakreditasi B

Para dosen di Prodi S2 Ilmu Komunikasi Fisip Unri

SUARA PEKANBARU - Setelah melewati berbagai proses dan tahapan yang cukup panjang, Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau (Unri) resmi berakreditasi B.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Unri, Dr Noor Efni Salam MSi mengatakan akreditasi B ini menjawab pertanyaan dari mahasiswa yang ingin mendaftarkan dirinya sebelum masuk di Program Studi Magister Ilmu Komunikasi.

"Dengan keluarnya akreditasi S2 Ilmu Komunikasi, tentu kita berharap hal ini dapat meningkatkan mutu dan semangat dalam pencapaian pendidikan kita dan mahasiswa," ujar Noor Efni, kepada wartawan, Senin (9/9/2019).

Dia berharap, dengan penilaian akreditasi ini, tentunya kualitas S2 Ilmu Komunikasi tidak hanya sampai pada akreditasi B saja. Karena ke depan ada pencapaian dalam penilaian, yaitu memiliki akreditasi A.

"Tentu saja untuk mendapatkan nilai A ke depan harus mendapatkan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak. Meningkatkan mutu, baik kurikulum, maupun berbagai bentuk pelayanan baik kepada mahasiswa maupun masyarakat luas," jelasnya.

Ia menjelaskan, Prodi S2 Ilmu Komunikasi Unri ini dibuka pada tahun 2015. Perdana merekrut mahasiswa baru pada tahun 2016. Seiring perjalanan tersebut, pihaknya pada tahun kedua mulai menyusun akreditasi.

"Kita mengisi borang akreditasi. Borang ini dikelompokan menjadi 3, borang 3A, borang 3B dan evaluasi diri. Borang 3A terkait dengan program studi, 3B tentang institusi dan evaluasi diri. Tentunya banyak tantangan dan harapan dari evaluasi diri," terangnya.

Dilanjutkannya, pekerjaan dan kegiatan dalam pelaksanaan dalam proses pencapaian akreditasi ini sudah pasti membutuhkan kerja keras. Informasi dan data yg disampaikan betul-betul objektif.

"Perjuangan untuk mendapatkan nilai B untuk perdana ini tentu saja dilakukan dengan kerja keras, dari semua pihak yg terkait, alhamdullilah kita bisa mencapai akreditasi B," tuturnya.

Tim Asesor BAN-PT Dr Phil Hermin Indah Wahyuni dari UGM, mengatakan, reakreditasi adalah bentuk banding untuk meninjau kembali penilaian akreditasi terhadap sebuah Prodi.

“Permohonan banding atau akreditasi ulang, dewasa ini sudah menjadi trend, dan itu bagus, karena menunjukkan ada upaya serius mengelola Prodi. Saya memberikan apresiasi untuk itu. UNRI yang mengajukan reakreditasi merasa yakin memang sudah lebih baik," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Dekan FISIP Dr Syafri Harto, mengaku sudah lama berjuang ke BAN PT untuk dilakukan reakreditasi. Mengingat banyaknya peminat yang ingin masuk ke Prodi S2 Ilmu Komunikasi ini. Ia yakin reakreditasi ini akan menaikkan peringkat S2 Komunikasi menuju akreditasi A.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...