News

Program URP Chevron, Mahasiswi UIR Ini Magang ke Korsel

Syafrina Putri

SUARA PEKANBARU - Program Kemitraan dengan Universitas (University Relationship Program/URP) yang digagas PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) memberikan peluang bagi mahasiswa Riau untuk menembus dunia.

Syafrina Putri (22), mahasiswi Program Studi Perminyakan Universitas Islam Riau (UIR), saat ini mengikuti program magang di laboratorium Inha University, Korea Selatan. Namanya laboratorium Center of Unconventional Energy Resources, di bawah bimbingan Prof. Hyundon Shin.

Syafrina berada di Korsel sejak 10 Mei lalu hingga 5 Juni mendatang. Dia mempelajari simulasi unconventional hydrocarbon, atau hidrokarbon yang terletak di lapisan batuan yang tidak terduga sebelumnya dan memerlukan teknologi yang berbeda dibandingkan proses produksi migas konvensional.

”Hal ini tentu sangat membanggakan karena Program URP turut membuka peluang bagi putra-putri Riau untuk memperdalam ilmu perminyakan di luar negeri,” ungkap Sonitha Poernomo, Manager Corporate Communications PT CPI.

Teknik Perminyakan UIR merupakan salah satu program studi yang menerima bantuan pendidikan dari PT CPI melalui Program URP.

Program ini bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan kapasitas dari dosen dan mahasiswa guna membantu peningkatan akreditasi jurusan. Di antaranya melalui kuliah tamu, seminar, kunjungan lapangan, dan publikasi jurnal.

Selain UIR, tiga perguruan tinggi terkemuka di Riau lainnya yang menerima bantuan Pendidikan Program URP ini adalah Teknik Kimia Universitas Riau, Teknik Elektro Universitas Lancang Kuning; dan FMIPA Kimia Universitas Muhammadiyah Riau.

Detail program magang yang diikuti Syafrina disusun bersama-sama oleh Prodi Perminyakan UIR dan Inha University. Pelaksanaan program sejauh ini ini berjalan lancar, terlebih lagi Prof. Hyundon Shin merupakan salah seorang dosen tamu di Teknik Perminyakan UIR.

”Tujuan besarnya adalah kami ingin berkontribusi terhadap pengembangan sumber daya manusia di Riau,” tutur Sonitha.

PT CPI, lanjut dia, meyakini bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah kunci kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

UIR merasakan manfaat dari program magang di Inha University ini. Salah seorang alumnus Teknik Perminyakan UIR, yang menjadi peserta program ini pada 2017, saat ini menjadi mahasiswa integrated program S2/S3 dengan beasiswa penuh dari pendanaan riset Prof. Hyudon Shin.

’’Kami berharap Syafrina Putri juga bisa mendapatkan peluang untuk studi S2 baik di Korea Selatan maupun di negara lainnya dengan memiliki pengalaman internasional ini,” kata Ketua Prodi Peminyakan UIR Dr. Eng. Muslim.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...