Infoterial

Baru Satu RTH Yang Lolos Penilaian Ramah Anak dari KemenPPA

PEKANBARU - Sebagai Kota yang terus berkembang, Pemko Pekanbaru tidak hanya mengedepankan utilitis umum, namun juga untuk kebutuhan anak berkembang. Salas satu upayanya adalah membangun tempat bermain di Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang ada di Kota Pekanbaru. 

Upaya tersebut nyatanya cukup diapresiasi Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA) yang menilai RTH Kaca Mayang sudah siap menjadi RTH bersertifikasi layak anak. Hal tersebut tertuang dari hasil penilaian Tim penilai Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak RI yang menyebutkan RTH Kaca Mayang dapat diajukan sebagai penerima sertifikat tersebut. 

"Tim penilai sudah memberikan hasil penilaian standarisasi dan sertifikasi ruang bermain rumah anak, dan RTH Kaca Mayang tidak memiliki catatan khusus untuk menerima sertifikasi Taman Layak Anak. Tapi itu belum cukup, karena ini akan dievaluasi lagi di tingkat Pusat sebelum sertifikat itu benar-benar diterima," terang Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT melalui Kabag Humas Setdako Pekanbaru Mas Irba Sulaiman, Kemarin.   

Pencapaian tersebut tidak lepas dari upaya OPD terkait dengan RTH yang melakukan beberapa pembenahan dari catatan tim yang sebelumnya sudah turun. Diantaranya, kondisi tempat bermain anak, sampah yang berserakan dan lainnya. Selain itu, ada pembenahan lainnya yang dilakukan Pemko Pekanbaru dimana keberadaan ruang terbuka juga ramah bagi anak-anak disabilitas, serta terhubung dengan akses ruang dan fasilitas publik. 

Meski baru satu RTH yang bakal menerima sertifikat, namun Walikota Pekanbaru menargetkan relapan ruang terbuka yang ada di Pekanbaru juga mendapatkan hal yang sama. Seperti RTH Tunjuk Ajar Integritas di Jalan Ahmad Yani, Ruang Terbuka PCR Rumbai di Jalan Yos Sudarso, Ruang Terbuka Tuan Kadi di Jalan Perdagangan dan Ruang Terbuka di Bawah Jembatan Siak 1. Kemudian Ruang Terbuka Kayu Putih, Ruang Terbuka Jalan Diponegoro sebelah Dharma Wanita, Ruang Terbuka Cinta Raja di Sail dan Ruang Terbuka di Purna MTQ.

"Dinas terkait harus tindaklanjuti taman lainnya. Kita mulai di taman tunjuk ajar integritas. InsyaAllah setelah kaca mayang, kita lanjutkan ke taman tunjuk ajar integritas," paparnya.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...