News

BPBD Pekanbaru Temukan 2 Lokasi Lahan Terbakar

 

SUARA PEKANBARU - Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru sudah memadamkan lahan terbakar seluas satu hektar lebih. Mereka melakukan pemadaman lahan terbakar pada akhir pekan kemarin.

Petugas sudah menangani kebakaran lahan yang terjadi di dua lokasi. Lokasi tersebut yakni Jalan Pramuka, Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Timur dan Jalan Indrapuri Ujung, Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya.

"Kita sudah menangani kebakaran lahan di dua lokasi, kita pastikan kebakaran tidak meluas," terang Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra.

Dirinya mengatakan bahwa cuaca panas melanda Kota Pekanbaru beberapa pekan ini. Kondisi tersebut meningkatkan kerawanan kebakaran lahan.

Potensi kebakaran meluas bisa saja terjadi karena sejumlah wilayah kota masih rawan kebakaran lahan. Pihaknya berupaya melakukan deteksi dini terhadap ancaman kebakaran lahan agar tidak meluas.

"Kita berupaya agar lahan yang terbakar tidak meluas, kita tidak ingin terjadi lagi kebakaran lahan," tegasnya.

Zarman mengimbau agar masyarakat segera melaporkan kejadian kebakaran lahan. Adanya laporan dari dini tentu bisa mencegah kebakaran lahan jadi meluas.

Tim BPBD Kota Pekanbaru juga melakukan sosialisasi di sejumlah wilayah rawan kebakaran lahan. Wilayah itu yakni Kecamatan Rumbai dan Kecamatan Payung Sekaki.

"Kita memasang spanduk peringatan, agar tidak membuka lahan dengan cara membakar," ujarnya.

Pihaknya bersama aparat gabungan terus meningkatkan kesiapsiagaan pasca penetapan status siaga darurat karhutla oleh Pemerintah Provinsi Riau. Ia menyebut Pemerintah Kota Pekanbaru belum menetapkan status siaga darurat.

"Kita berupaya meminimalisir kebakaran lahan, terutama di wilayah rawan," ungkapnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan