News

Meski Udara Membaik, Peserta Didik di Pekanbaru Diimbau Tetap Gunakan Masker

 

SUARA PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, menghimbau peserta didik untuk tetap menggunakan masker saat berada di lingkungan sekolah. Walaupun saat ini kualitas udara di Kota Pekanbaru sudah mulai membaik dari kabut asap kebakaran hutan dan lahan.

Penggunaan masker bisa melindungi peserta didik dari ancaman Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA). Mereka bisa menggunakan masker hingga kualitas udara kembali membaik.

"Penggunaan masker bisa mencegah dari ancaman ISPA saat mengikuti proses belajar mengajar di lingkungan sekolah," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Rabu (11/10).

Menurutnya, kualitas udara di kota ini semakin membaik. Ia berharap agar kualitas udara kembali normal seperti sediakala. Namun, demikian pihaknya tetap melakukan pemantauan kondisi cuaca akibat kabut asap.

Apalagi sebelumnya Dinas Pendidikan Provinsi Riau juga sempat menerbitkan surat edaran, untuk melakukan aktivitas belajar mengajar secara daring saat kualitas udara memburuk di sejumlah kabupaten/kota di Riau.

"Kemarin kami juga sudah menyampaikan surat edaran itu ke sekolah-sekolah. Pertama imbauan menggunakan masker, kedua mengurangi aktivitas di luar ruangan," ungkapnya.

Ia menambahkan, kebijakan meliburkan anak sekolah baru diputuskan jika level kualitas udara masuk kategori sangat tidak sehat, dengan kandungan partikel debu dalam udara mencapai angka 200.

Jamal memastikan akan mengambil kebijakan baru jika nanti kualitas udara di Pekanbaru mengkhawatirkan, dan ada rekomendasi dari Dinas Kesehatan Pekanbaru. Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak yang berperan penting dalam mengetahui kualitas udara di Pekanbaru seperti DLHK dan BMKG.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan