News

Angka DBD di Pekanbaru Turun

 

SUARA PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru dinilai berhasil meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Hasilnya itu terlihat pada rendahnya angka penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) pada dari awal tahun hingga saat ini.

"Terhadap perbaikan kualitas layanan kesehatan, khususnya penanganan DBD, dinas teknis telah melakukan peningkatan promosi kesehatan, pemberantasan sarang nyamuk, dan fogging (pengasapan). Hal ini guna menurunkan populasi nyamuk sebagai sebab penyakit DBD," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Selasa (28/3).

Sebelumnya, jumlah kasus DBD mencapai 77 kasus hingga pekan ke sembilan tahun ini. Kasus DBD tertinggi terdapat di Kecamatan Marpoyan Damai dan Payung Sekaki.

"Kasus DBD, ada 77 kasus hingga pekan kesembilan tahun ini. Kasus DBD terbanyak di Kecamatan Marpoyan Damai dan Payung Sekaki dengan masing-masing 13 kasus," kata Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy, Kamis (9/3/2023).

Jika dibandingkan antara tahun 2023 dengan 2022, tren kasusnya lebih rendah, untuk rata-rata itu separuhnya atau 50 persen. Sebagai contoh di pekan kesembilan tahun 2022, ada 17 kasus DBD. Sementara di pekan kesembilan tahun 2023, hanya 7 kasus.

Begitu juga pekan ketujuh pada tahun 2022 itu 16 kasus. Tapi di pekan ketujuh tahun 2023 hanya 9 kasus.

"Sampai saat ini, untuk 77 kasus tersebut sudah mulai berlangsung sembuh dan pulih kembali. Tidak ada pasien DBD yang meninggal," ungkap Dokter Bob, sapaan akrabnya.

Kalau tahun lalu, memang ada pasien DBD meninggal dunia hingga pekan ke sembilan. Diharapkan, kasus DBD bisa ditekan pada tahun ini.

"Untuk meminimalisir sebaran wabah DBD, saya mengimbau warga agar selalu melakukan 3 M Plus yakni menguras, menutup dan mengubur barang-barang bekas yang bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk penyebab demam berdarah. Plus menggunakan anti nyamuk untuk membatasi perkembangbiakan nyamuk penyebab DBD," ujar Dokter Bob.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan