Hobby

6 Cara Ampuh Usir Tikus dari Rumah!

Ilustrasi.(sumber;internet)

SUARA PEKANBARU - Tikus dapat melewati ruang sempit karena ukurannya yang kecil. Celah bahkan sekecil 1/4 inci perlu untuk ditutup agar tidak dilewati oleh tikus. Jika Anda tahu ada tikus di rumah Anda, mengetahui lokasi mereka akan membantu Anda menyingkirkan mereka lebih cepat.

Jauhkan makanan dari area yang menjadi tempat yang sering didatangi oleh tikus. Simpan semua yang bisa dimakan dalam wadah yang tidak bisa dimakan oleh tikus.

Dilansir dari situs resmi Helathline.com, setelah Anda mengetahui keberadaan tikus, cobalah salah satu cara berikut untuk menyingkirkannya:

1. Memelihara kucing
Jika tidak ada seorang pun di keluarga Anda yang memiliki alergi kucing, memelihara kucing mungkin merupakan cara termudah untuk menyingkirkan tikus. Jika kucing bukan pilihan, belilah kotoran kucing dan sebarkan di daerah yang paling sering dikunjungi tikus. Ini bisa bertindak sebagai pencegah. Pastikan untuk membuang kotoran kucing jauh dari jangkauan anak-anak.

2. Gunakan minyak esensial
Aroma kuat minyak peppermint dan minyak cengkeh bisa mengusir tikus. Bola kapas dengan minyak esensial ini dan letakkan di area yang menarik tikus seperti laci, lemari, dan pintu masuk rumah. Meskipun baunya saja tidak cukup untuk menghilangkan tikus sepenuhnya, hal ini dapat bekerja bersama dengan metode lain.

3. Atur jebakan
Membuat jebakan sewajarnya membuat tikus tetap hidup sehingga Anda bisa melepaskannya. Tempatkan perangkap di area rumah Anda yang paling sering dikunjungi tikus dan periksa setiap pagi. Tikus umumnya keluar mencari makanan di malam hari. Contoh suguhan lezat untuk menarik tikus termasuk selai kacang, keju, dan popcorn yang diberi mentega.

Pastikan untuk melepaskan tikus yang Anda tangkap setidaknya satu mil jauhnya dari rumah Anda, dan lebih baik tidak di daerah yang dihuni. Jangan menyentuh tikus secara langsung untuk menghindari penyakit yang mungkin mereka bawa.

4. Menggunakan cabai
Umpan racun mungkin tampak seperti solusi mudah, tetapi bisa juga berisiko. Racun bisa membuat sakit hewan peliharaan dan anak-anak di rumah Anda, jadi lebih aman untuk bertahan dengan umpan dan perawatan yang tidak beracun. Cobalah menggunakan larutan cabai. Semprotkan di tempat tikus sering berkunjung, seperti di bawah kompor atau di belakang lemari.

5. Tutup dengan lakban
Setelah Anda mengidentifikasi beberapa titik masuk yang digunakan tikus, seperti di bawah wastafel di sekitar pipa atau di belakang lemari tempat terdapat kabel, tutupi dengan lakban.

6. Untuk serangan berat
Secara umum, perangkap lebih disukai daripada umpan beracun karena mereka kurang berbahaya bagi anak-anak dan hewan peliharaan. Tetapi jika Anda berurusan dengan tikus yang dapat membahayakan keluarga Anda, pertimbangkan untuk menggunakan racun tikus atau menelepon perusahaan pengendalian hama profesional bisa jadi pilihan. Mereka dapat melakukan tugas lebih cepat untuk Anda.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan