News

Diskes Pekanbaru Imbau Orang Tua Langsung Bawa Anak ke Faskes Apabila Ditemukan Gejala DBD

SUARA PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, meminta kepada orang tua yang anaknya bergejala demam supaya dilakukan pemeriksaan kesehatan di fasilitas kesehatan (faskes) terdekat.

Hal itu disampaikan Kepada Diskes Kota Pekanbaru dr. Zaini Rizaldy Saragih, yang bertujuan mewaspadai penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang kini mengalami peningkatan kasus.

"Jadi kepada orang tua, kalau ada anaknya bergejala demam supaya segera diperiksa ke puskesmas, klinik, maupun rumah sakit," pintanya, Rabu (19/10).

Di samping itu, Zaini juga menghimbau warga lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan dengan cara menerapkan 3M Plus yakni menguras dan membersihkan, menutup tempat penampungan air, serta mengubur barang bekas atau barang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk penyebab demam berdarah.

"Karena penyakit DBD ini, itukan merupakan penyakit menular yang ditularkan oleh nyamuk. Jadi memang menjaga kebersihan lingkungan sangat diperlukan," ujarnya.

Menurut dia, persoalan penanganan DBD tidak hanya menjadi urusan pemerintah. Akan tetapi juga diperlukan kerjasama semua pihak salah satunya dengan turut serta menjaga kebersihan lingkungan.

"Masalah DBD ini tidak bisa hanya diserahkan kepada pemerintah saja, tetapi harus melibatkan kepedulian dari masyarakat, bagaimana menjaga lingkungannya agar jangan sampai ada tempat perkembangbiakan nyamuk," tutupnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan, hingga pertengahan Oktober 2022 sudah tercatat sebanyak 715 kasus DBD yang mana dua penderita di antaranya meninggal dunia.

Dari 715 kasus itu, untuk penderita DBD tertinggi ada di Kecamatan Marpoyan Damai sebanyak 108 orang, disusul Tuah Madani 89 orang dan Payung Sekaki 87 orang.

Kemudian di Tenayan Raya 78 orang/kasus, Rumbai 73, Bina Widya 57, Bukit Raya 46, Suka Jadi 39, Limapuluh 33, Senapelan 32, Rumbai Timur 30, Sail 15, Pekanbaru Kota 13, Rumbai Barat 9 dan di Kecamatan Kulim 6 kasus.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan