News

Selama Lebaran, BPBD Pekanbaru Siagakan Posko Siaga Bencana

SUARA PEKANBARU - Kota Pekanbaru masih diguyur hujan hingga Rabu (27/4) malam. Hal ini disebabkan cuaca ekstrem yang masih terjadi hingga sepekan ke depan.

Kepala BPBD Pekanbaru Zarman Candra saat dihubungi, Kamis (28/2), mengungkapkan prediksi BMKG. Cuaca ekstrem akan berlangsung di akhir April hingga awal Mei. Jadi, cuaca ekstrem diperkirakan akan terjadi bertepatan dengan libur hari raya Idul Fitri 1443 H/2022 M.

"Kami mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan memastikan lingkungan dan hunian nya dalam keadaan aman sebelum berangkat mudik. Apalagi, kita masih dihadapkan pada kondisi cuaca ekstrem di masa transisi menuju musim kemarau yang rentan dengan kebakaran lahan dan banjir," ujar Zarman.

Warga yang akan mudik diimbau agar memperhatikan keadaan lingkungan sekitar rumah. Drainase tempat tinggal harus dibersihkan, terutama lingkungan tersebut berdekatan dengan lahan gambut dan pinggiran sungai.

Agar, aliran air menjadi lancar saat menuju drainase lebih besar. Pastikan steker barang elektronik dicabut dan diletakkan di ketinggian yang aman.

"Kami juga mengimbau warga yang ingin mudik agar tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) dengan membawa bekal masker dan hand sanitizer seperlunya. Laporkan perjalanan anda ke ketua RT, RW, atau tetangga terdekat serta tinggalkan nomor telepon seluler yang bisa dihubungi," ucap Zarman.

Petugas Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga berpatroli di lapangan selama mudik lebaran. BPBD Kota Pekanbaru juga memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat dengan mendirikan Posko Siaga Bencana Lebaran Tahun 2022.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan