News

Manfaat Parkir Non-tunai Menurut Kepala Dishub Pekanbaru

SUARA PEKANBARU - Pembayaran parkir non tunai telah diterapkan di Kota Pekanbaru. Beberapa titik di ruas jalan protokol telah menggunakan sistem pembayaran parkir non tunai sejak awal Oktober 2021.

Melalui sistem pembayaran non tunai, dinilai jauh lebih baik dibandingkan tunai menggunakan karcis parkir. Sejumlah manfaat didapatkan melalui sistem pembayaran non tunai.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Yuliarso mengungkapkan, diterapkannya sistem non tunai untuk mendukung Kota Pekanbaru menuju kota digital. Kemudian melalui sistem non tunai ini juga lebih memudahkan masyarakat.

"Jadi, ini menjawab yang namanya tidak ada kembalian uang kecil. Standar nya itu Rp1 ribu (roda 2) dan Rp 2 ribu (roda 4). Tidak lebih dari itu, jadi itu (kasus) selama ini," terang Yuliarso, Senin (8/11).

Kemudian, manfaat lain adalah pendapatan PAD dari tarif jasa layanan parkir lebih terukur dan mengurangi indikasi kebocoran PAD dari sektor parkir. Karena pembayaran non tunai ini menggunakan mesin Elektronik Data Capture (EDC) yang merekam seluruh transaksi.

Kemudian transaksi bisa dilihat secara up to date yang dapat diakses melalui sistem. "Kemudian kita juga mengetahui pergerakan kendaraan. Kita bisa mengetahui dimana titik yang padat. Misalnya di pusat perbelanjaan, jam berapa saja padatnya, kita bisa lihat," pungkasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan