News

Prodi Teknik Sipil UIR Gandeng Mitra Panti Asuhan Amanah untuk Penyuluhan PAH

SUARA PEKANBARU - Dimulai sejak awal tahun 2020, disaat pandemi Covid-19 menjadi kasus global, dan menyadarkan seluruh lapisan masyarakat akan pentingnya sanitasi yang baik untuk menghambat penyebaran virus tersebut. Akibatnya, penggunaan air bersih meningkat dan ada perubahan perilaku masyarakat untuk hidup lebih bersih. Hal ini juga sejalan dengan gaya hidup sehat yang dibangun pemerintah untuk rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Pandemi covid-19 atau corona virus yang tengah terjadi saat ini, berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat terutama dalam pemenuhan kebutuhan air bersih. Dampak ini juga dialami oleh penghuni panti asuhan Amanah yang terletak di Jl. Sakuntala, Gg. Amanah, Tangkerang Utara, Kec. Bukit Raya, Kota Pekanbaru. Maka dari itu mahasiswa beserta dosen dari fakultas teknik sipil Universitas Islam Riau melalui program kerjanya berupa turut serta membantu mayarakat dengan pembagian bantuan sosial kepada anak yatim piatu di panti asuhan Amanah dengan memberikan sosialisasi mengenai “penerapan pemanenan air hujan sebagai usaha untuk memperoleh air bersih” serta pemberian seserahan berupa alat, tangki air serta sembako.

Pada tanggal 03 April 2021, Bismi Annisa ST., MT. , Harmiyati ST.,MSi. , Sri Hartati ST., MT. Selaku dosen beserta Vauzhea Sherlina dan Gryanda Wahyu Sugeng selaku mahasiswa, telah melakukan penyuluhan secara online melalui aplikasi zoom meeting dengan topik pembahasan mengenai “Implementasi Teknologi Penampungan Air Hujan (PAH) Sebagai Upaya Penyediaan Air Baku di Panti Asuhan Amanah” bersama dengan anak asuh di Panti Asuhan Amanah. Melalui kegiatan ini, diharapkan ilmu tersebut mampu memberikan solusi permasalahan keterbatasan sumberdaya air bersih dengan memanfaatkan air hujan, serta dapat meminimalisir dampak kerusakan lingkungan sebagai akibat kegiatan eksploitasi air tanah. Pengetahuan tersebut nantinya dapat dipergunakan oleh pengurus dan anak asuh demi membangun sistem sanitasi yang lebih baik dan terjaga.

Selanjutnya, pada tanggal 04 Mei 2021 kegiatan dilanjutkan dengan memberikan serah terima berupa tangki air kapasitas 500 Liter serta bantuan sembako. Kegiatan pembagian bantuan sosial oleh dosen serta mahasiswa fakultas teknik sipil UIR ini diharapkan mampu memberikan dampak postif ditengah pandemi covid-19 ini serta alat yang diberikan dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan pemasokan air bersih yang nantinya dapat digunakan untuk kegiatan MCK (Mandi, Cuci, Kakus) dan juga sebagai upaya untuk mendukung kegiatan protokol kesehatan covid-19, yakni mencuci tangan dengan air mengalir. Selain itu, dengan adanya program ini menandakan adanya saling sinergi antara masyarakat dengan mahasiswa dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang sejahtera.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan