News

Pekan Ini, Harga Sawit Petani Swadaya Juga Naik

 

SUARA PEKANBARU - Berdasarkan hasil penetapan harga kelapa sawit periode 28 Juni sampai 4 Juli 2023 yang telah menggunakan table rendemen harga baru hasil kajian dari PPKS Medan yang disepakati oleh tim. Harga tertinggi kelapa sawit swadaya berada dikelompok umur 9 tahun sebesar Rp 2.260,70/Kg.

Kepala Dinas Perkebunan Riau Zulfadli mengatakan, harga tersebut berlaku untuk periode satu minggu kedepan, dengan harga cangkang berlaku untuk satu bulan kedepan dengan sebesar Rp 31,05/Kg.

"Pada periode ini indeks K yang dipakai adalah indeks K untuk 1 bulan kedapan yaitu 88,65%, harga penjualan CPO minggu ini naik sebesar Rp217 dan kernel minggu ini naik sebesar Rp441 dari minggu lalu," katanya.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa harga TBS yang ditetapkan oleh tim untuk mitra swadaya mengalami kenaikan. Kenaikan harga minggu ini lebih disebabkan karena faktor naiknya harga cpo dan kernel.

"Sedangkan sistem tata kelola penetapan harga TBS Provinsi Riau semakin membaik. Membaiknya tata kelola penetapan harga merupakan upaya yang serius dari seluruh stake holder yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Riau dan Kejaksaan Tinggi Riau Kerjasama program “Jaga Zapin”, " ujarnya.

Komitmen bersama ini pada akhirnya tentu akan berimbas pada peningkatan pendapatan petani yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan