News

Ini Alasan Pemko Pekanbaru Kelompokan Pengungsi Luar Negeri Sesuai Asal Negara

SUARA PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, berencana untuk menempatkan pengungsi internasional yang ada di Kota Bertuah sesuai dengan negara asal mereka.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian menyebutkan, wacana itu bertujuan mempermudah pihaknya di dalam melakukan pengawasan di lapangan.

"Jadi untuk memudahkan kita melakukan pengawasan dan monitoring, maka kita berencana akan menempatkan mereka berdasarkan kebangsaan yang sama," ujar Zulfahmi, Jumat (18/6).

Disampaikannya, saat ini ada imigran dari sejumlah negara yang masuk ke Kota Pekanbaru. Di antaranya dari Pakistan, Afghanistan, Iran, Irak, Somalia, Sudan dan Rohingya. Mereka masih ditempatkan disejumlah tempat penampungan yang disiapkan.

"Jadi misalnya nanti pengungsi yang dari Pakistan, ditempatkan sesama Pakistan. Sehingga bisa kita awasi dengan lebih baik," ujarnya.

Sejauh ini, terang Zulfahmi, pihaknya juga aktif berkoordinasi dengan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) atau Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi perwakilan Riau di dalam penanganan dan pengawasan terhadap imigran.

"Koordinasi dan komunikasi juga terus kita lakukan bersama stakeholder (pemangku kepentingan) terkait," tutupnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan