News

Banyak Warga Miskin Tidak Terdata, Komisi III Hearing Dinas Sosial Pekanbaru

SUARA PEKANBARU - Komisi III DPRD Kota Pekanbaru menggelar hearing bersama Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru, Selasa (16/2/2021). Rapat dipimpin Sekretaris Komisi III Jepta Sitohang diikuti oleh anggota lainnya Kartini, Pangkat Purba, Tarmizi Muhammad, dan Zulkarnain, dihadiri Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru Mahyuddin.

Adapun pembahasan dalam hearing yaitu terkait Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Usai hearing, Jepta Sitohang mengatakan bahwa Komisi III DPRD selama ini mendapat banyaknya keluhan dari masyarakat masalah penerimaan bantuan. Untuk saat ini, jumlah DTKS Kota Pekanbaru mencapai 34.579 orang.

"Dasar kita memanggil Dinas Sosial berasal dari keluhan masyarakat. Kenapa begini pendataannya. Ada yang tidak mampu tetapi tidak terdata, ada yang terlihat mampu malah dapat bantuan. Jadi bisa dibilang, selama ini pendataannya semraut sehingga tidak tepat sasaran," ucapnya.

Politisi Demokrat ini mengungkapkan bahwa Walikota Pekanbaru telah mengintruksikan kepada seluruh Lurah akan melakukan pendataan kembali bagi masyarakat miskin atau kurang mampu.

"Akhir Maret nanti akan ada validasi ulang. Bagi masyarakat yang belum terdata, silahkan mendatangi kelurahan. Disana ada blangko yang tersedia untuk diisi oleh masyarakat. Kemudian nanti kelurahan akan melakukan survei," terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru Mahyuddin mengatakan bahwa saat ini Dinas Sosial tengah menata kembali pendataan kepada masyarakat yang miskin atau kurang mampu. Sebab, banyak keluhan-keluhan dari masyarakat yang miskin tidak tersentuh bantuan.

"Jadi saya tidak mau ada lagi data itu sekarang tiba-tiba hari ini, masyarakat yang miskin masuk, tidak bisa seperti itu," ujarnya.

Ditambahkan Mahyuddin, pendataan harus mengikuti prosedur dan mekanisme sesuai aturan yang berlaku sesuai UU Nomor 13 tahun 2011 tentang penangangan fakir miskin.(Gallery)





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan