News

Mudik Rumah Kosong? Masyarakat Pekanbaru Diimbau Lapor RT

SUARA PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, S.T,M.T mengimbau warga yang mudik Lebaran agar melapor ke ketua RT di lingkungan perumahannya. Agar, Satuan Tugas (Satgas) Rumah Kosong (Rumsong) dari kepolisian bisa melakukan patroli di permukiman yang ditinggal mudik penghuninya.

"Bagi warga yang pulang kampung saat mudik Lebaran diharapkan melapor kepada ketua RT setempat dan tetangga yang tak pulang kampung. Bila sudah dititipkan, maka para tetangga dan ketua RT bisa waspada," kata Wali Kota PekanbaruDr. H. Firdaus, S.T,M.T, Rabu (27/4).

Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga diminta mengingatkan warga di perumahan. Karena, rumah kosong ini rawan pencurian.

"Rumah kosong juga rawan terhadap kebakaran. Saya juga mengimbau warga yang akan pulang kampung agar memastikan semua yang berhubungan dengan listrik dan kompor," ucap Firdaus.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) harus cepat tanggap menangani kebakaran lebih awal. Kawasan yang rawan itu adalah kampung tua yang jaringan listrik sudah lama.

Sebelumnya, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pria Budi dalam dalam Rapat Forkopimda terkait evaluasi penanganan Covid-19 dan persiapan menghadapi Hari Raya Idul Fitri di Aula Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Selasa (26/4), mengatakan, pihaknya telah membuat Satgas Rumah Kosong (Rumsong). Berdasarkan data sebelumnya, banyak kejadian pencurian di rumah kosong.

"Kami berupaya mengantisipasi ini dengan membuat Satgas Rumsong. Saya juga minta camat dan lurah memberikan data kepada kami mengenai pemukiman masyarakat yang ditinggal mudik," ujarnya.

Para camat dan lurah diminta berkoordinasi dengan para kapolsek. Sebab, kepolisian akan melakukan patroli di kawasan yang permukimannya ditinggal mudik.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan