News

Walikota Persilahkan DLHK Pekanbaru Sewa Armada Pengangkut Sampah Sebanyak Mungkin

SUARA PEKANBARU - Jika armada pengangkut sampah dirasa masih kurang, Walikota Pekanbaru Dr.H.Firdaus, ST.MT menginstruksikan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru untuk menyewa armada sesuai yang dibutuhkan. Firdaus menilai, di masa kekosongan kewenangan ada di DLHK.

Firdaus meminta agar DLHK cerdas dalam menangani masalah sampah di masa kekosongan. Dikatakannya, pihaknya tidak membatasi anggaran yang digunakan DLHK untuk menangani sampah.

"Kita tidak membatasi anggaran yang dibutuhkan DLHK untuk menangani sampah selama satu bulan di masa kekosongan ini. Kalau memang masih kurang alat angkutnya silahkan sewa lagi, kita tidak batasi itu, karena itu kewenangan DLHK sampai ditentukan siapa pemenang lelang dalam pengangkutan sampah ini," ujar Firdaus kepada media.

"Kalau masih kurang, ya sewa sebanyak yang dibutuhkan," sambungnya.

Diakuinya, keterlambatan pelelangan terjadi karena kendala teknis yang tidak bisa dilangkahi. Ia mencontohkan seperti lambatnya pengesahan APBD dan kendala teknis dari dinas serta persyaratan yang harus dipenuhi dan tidak bisa dilangkahi.

"Sebelumnya, kita sudah ingatkan untuk lelang sebelum berakhir kontrak. Sehingga tidak terjadi kekosongan seperti ini," terangnya.

Pihaknya juga berharap agar pelelangan ini selesai tepat waktu pada akhir Januari.

Untuk mengatasi sampah pada masa transisi ini, DLHK Pekanbaru kerahkan 28 angkutan sampah yang terdiri dari kendaraan milik OPD terkait. Selain itu, DLHK juga menggunakan alat angkut sampah sewa dari PT Godang Tuah Jaya sebanyak 15 unit. Dengan total 43 armada.

Armada yang ada diterjunkan untuk mengangkut sampah yang ada di jalan-jalan protokol dan badan usaha. Sementara itu, untuk permukiman warga, DLHK bekerja sama dengan Forum Komunikasi RT/RW untuk mengangkut sampah ke TPA.

DLHK pun membuka TPA untuk umum, sehingga RT/RW yang mengangkut sampah dapat membuang sampah ke TPA.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan