Bebual

THP Unri Belajar Industri Perikanan 4.0 di Sumbar

SUARA PEKANBARU - Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan (THP) Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau, mengunjungi Industri Perikanan Sumatera Barat. Di sana, mahasiswa THP Unri melaksanakan Praktik Lapangan (PL).

Kegiatan yang dilaksanakan pada 20-24 Oktober ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa tentang keterampilan bidang pengolahan hasil perikanan dan manajemen serta inovasi industri perikanan dalam pengembangan mutu terpadu.

Adapun beberapa lokasi yang dikunjungi sebagai tempat melaksanakan PL. Antara lain, Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bungus Padang, PT Dempo Andalas Samudera Padang, Usaha Tambak dan Pascapanen Udang Vaname di Kawasan Wisata Mandeh, Industri Pengasapan Ikan Patin dan Ekowisata serta Wisata Bahari di Pulau Sumatera Barat.

Peserta PL mahasiswa THP Unri angkatan ke-17 ini berjumlah 80 orang yang terdiri dari mahasiswa dan dosen jurusan THP fakultas perikanan dan kelautan.

Ketua rombongan yang juga ketua Jurusan THP Unri, Sumarto SPI MSI mengatakan, pelaksanaan kunjungan dan praktik lapang dilakukan setiap semester, dengan lokasi berbeda-beda setiap pelaksanaan praktik lapangan. Antara lain, di lokasi sekitar wilayah Riau, kawasan Pulau Sumatera (luar Riau), Pulau Jawa (Jakarta, Bogor, Industri pengalengan Banyuwangi) hingga sampai ke negeri jiran Langkawi Malaysia juga pernah dilakukan.

"Tahun ini dilakukan di wilayah Sumatera Barat. Tujuannya untuk membuka wawasan dan keterampilan mahasiswa mengenai anekaragam pengolahan dan inovasi produk perikanan modern dan tradisional, manajemen usaha idustri perikanan yang mandiri dan tangguh," kata Sumarto, Sabtu (26/10/2019).

Ditambahkan Dosen THP senior, Ir Suparmi MSI, dari pelaksanaan kegiatan praktik lapangan ini ada beberapa hal penting yang dapat diambil oleh mahasiswa nantinya. Antara lain, meningkatkan wawasan dan keterampilan mahasiswa dalam usaha produk perikanan, mengembangkan inovasi produk perikanan berdaya saing, serta menumbuhkembangkan disiplin dalam menjalankan usaha perikanan yang tangguh dan mandiri.

"Serta pengembangan sumber daya perikanan lokal berbasis ekonomi berkelanjutan," tambah Ir Suparmi.

Ditanggapi ketua angkatan ke-17 mahasiswa THP, Ibrahim, kunjungan dan PL yang dilakukan oleh Jurusan THP Unri ini memberikan dampak positif kepada mahasiswa THP. Terutama dalam proses peningkatan wawasan berpikir inovatif dari waktu perkuliahan hingga kondisi ril di lapangan dalam suatu penerapan industri pengolahan perikanan yang terus bergerak maju dari waktu ke waktu.

"Bagi kami mahasiswa menjadi terpacu dalam hal bersikap disiplin, ketangguhan dan kemandirian dalam berwirausaha, serta betapa pentingnya membuka jaringan yang luas dalam hal pemasaran. Hal ini menjadi inspriratif bagi mahasiswa untuk dapat dikembangkan lebih lanjut di lingkungan kampus nantinya," ujar Ibrahim.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...