News

Kenali Bencana Alam di Pekanbaru Sedini Mungkin

 

SUARA PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru memberikan tips aman berkendara saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pasalnya, Indonesia sedang mengalami masa Hidrometeorologi.

Kepala BPBD Pekanbaru Zaman Candra mengatakan, warga Pekanbaru yang akan mudik atau liburan ke daerah lain diminta mengenali potensi bencana. Karena saat ini, beberapa wilayah sedang mengalami bencana Hidrometeorologi.

"Ada beberapa potensi bencana tempat objek wisata. Potensi bencana bisa dikenali sedini mungkin," ujarnya, Kamis (28/12).

Potensi bencana di objek wisata sungai antara lain, peningkatan debit sungai mendadak, luapan akibat curah hujan tinggi, banjir kiriman, dan longsor tebing sungai.

Potensi bencana di objek wisata pantai seperti gelombang tinggi atau pasang, Rip atau arus pusat air, dan banjir rob.

Potensi objek wisata pegunungan atau perbukitan yaitu longsor saat curah hujan tinggir, banjir lahar dingin, dan tanah bergerak. 
"Selalu memantau prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG (https://www.bmkg.go.id/) atau pihak berwenang lainnya. Mempelajari dan memahami jalur evakuasi terdekat apabila terdapat potensi bencana Hidrometeorologi," ujar Zaman.

Peta jalur rawan bencana dapat diakses melalui aplikasi dan laman InaRISK.

Memeriksa kondisi kendaraan ketika akan bepergian. Kondisi kendaraan harus dipastikan dapat menempuh medan saat terjadi hujan.

"Sebelum meninggalkan rumah, pastikan barang elektronik anda sudah diletakkan di ketinggian dan tersimpan aman. Laporkan perjalanan mudik anda kepada pengurus RT dan RW, serta tinggalkan nomor telepon (HP) yang bisa dihubungi," jelas Zaman.

Bersihkan lingkungan sekitar rumah. Kosongkan penampungan air serta pastikan parit bersih dan mengalir ke pembuangan air.

"Pastikan kembali pintu dan jendela sudah terkunci dan titipkan rumah kepada orang yang dipercaya. Jangan lupa berdoa agar diberikan keselamatan pulang dan pergi," ucap Zarman.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan