News

Pekanbaru Segera Tetapkan Status Bencana Hidrometeorologi

 

SUARA PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, berencana tetapkan status siaga Bencana Hidrometeorologi. Hal ini seiring beberapa waktu terakhir ini terjadi cuaca ekstrem dan banjir yang melanda Pekanbaru.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru Zarman Chandra mengatakan, pihaknya masih memantau perkembangan cuaca saat ini guna menentukan status siaga Bencana Hidrometeorologi.

"Kalau untuk status, kita wait and see ya. Karena kita lihat sendiri memang cuaca ekstrem. Kita lihat siang hari dihadapkan panas, kemudian malam itu kadang hujan," kata Zarman, Jumat (15/12).

Zarman menyebut, saat ini pihaknya masih menunggu informasi dari BMKG terkait bagaimana situasinya. Pihaknya juga akan melakukan rapat finalisasi penetapan status Pekanbaru kedepannya.

Untuk penatapan status ini, pihaknya melihat kondisi dari cuaca itu sendiri. Yang mana hari ini memang Pekanbaru tengah dihadapkan dengan cuaca ekstrem, siang panas malam hujan.

"Ditambah lagi memang kita dihadapkan lagi dengan situasi dan kondisi kita akan menghadapi libur Nataru dan libur anak sekolah. Kita akan tetap melakukan upaya kesiapsiagaan ke masyarakat khususnya di Pekanbaru yang daerahnya bermukim dekat dengan daerah aliran sungai untuk melakukan kewaspadaan dini. Jadi mungkin kita akan tetapkan status siaga hidrometeorologi," ungkapnya.

Pihaknya juga terus mengimbau kepada warga yang berada di lokasi rawan bencana untuk tetap siaga. Perubahan cuaca saat ini tidak menentu dan cuaca panas bisa seketika berubah menjadi hujan.

Warga yang bermukim di daerah rawan banjir untuk tetap melakukan kesiapsiagaan. Apalagi masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai. Mereka bisa mengamankan barang berharga ke tempat yang lebih aman agar tidak tergenang saat banjir.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan