News

Razia PMKS di Pekanbaru: Rata-rata Pengemis dan Manusia Silver

 

SUARA PEKANBARU - Satuan Tugas Satgas Pelayanan dan Penjangkauan (PPKS) Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru menggelar razia Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) keberbagai ruas jalan, Jumat (24/11). Hasilnya, Satgas PPKS berhasil menjangkau 3 orang PKMKS.

"Dasar kegiatan yang kita lakukan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 12 tahun 2008, tentang ketertiban sosial," ujar Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru Dr H Idrus M.Ag, Jumat (24/11).

 

“Petugas melakukan patroli rutin diberbagai ruas jalan raya, jalur hijau, persimpangan lampu merah dan jembatan penyeberangan dan tempat umum lainnya. Hasilnya petugas berhasil menjangkau tiga orang PMKS," imbuhnya.

Tiga PMKS yang terjaring, diantaranya pengemis, penjual tisu dipersimpangan lampu merah dan manusia silver, lanjut Idrus, dibawa ke shelter dan dilakukan assessment dan di edukasi oleh Pendamping Rehsos.

“Setelah dilakukan asesmen pada tiga PMKS, mereka dikembalikan kepada keluarganya. Satu orang diantaranya di pulangkan ke alamat asalnya Medan, Sumatera Utara, melalui pihak Dinas Sosial Provinsi," terang Idrus.

Lewat media, Idrus kembali mengimbau masyarakat agar tidak memberikan sumbangan dijalanan.

"Kita mengimbau masyarakat, terutama pengendara, agar tidak memberikan sumbangan dijalanan. Salurkanlah sumbangan itu ke lembaga zakat yang ada. Kalau kita tetap memberi sumbangan kepada mereka, kita sendiri yang mendidik mereka untuk malas bekerja dan tetap menjadi pengemis dijalanan," ujarnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan