News

Harga Kelapa Sawit Mitra Plasma Minggu Ini Turun

 

SUARA PEKANBARU - Dinas Perkebunan Provinsi Riau bersama tim penetapan harga telah melaksanakan rapat penetapan harga kelapa sawit mitra plasma. Berdasarkan hasil penetapan harga periode 1 sampai 7 November 2023 telah menggunakan tabel rendemen harga baru hasil kajiandari PPKS Medan yang disepakati oleh tim. Untuk penurunan harga tertinggiberada dikelompok umur 8 tahun sebesar Rp 61,76/Kg atau mencapai 2,44% dari harga minggu lalu.

Kepala Dinas Perkebunan Riau Zulfadli mengatakan, untuk harga pembelian sawit petani untuk periodesatu minggu kedepan turun menjadi Rp 2.473,41/Kg dan berlaku untuk periode satu minggu kedepan, dengan harga cangkang berlaku untuk satubulan kedepan dengan sebesar Rp 19,39/Kg.

“Pada periode ini indeks K yang dipakai adalah indeks K untuk 1 bulan kedepan yaitu 91,61%, harga penjualanCPO minggu ini turun sebesar Rp 163,72 dan kernel minggu ini turun sebesarRp 616,20 dari minggu lalu,” katanya.

Ada beberapa PKS yang tidak melakukanpenjualan, berdasarkan permentan nomor 01 tahun 2018 pasal 8 maka hargacpo dan kernel yang digunakan adalah harga rata-rata tim, apabila terkenavalidasi 2 maka digunakan harga rata-rata KPBN. Harga rata-rata kernel KPBN periode 23 - 29 Oktober 2023 adalah sebesar Rp 4.373,50/Kg.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa harga TBS yang ditetapkan oleh timuntuk mitra plasma mengalami penurunan. Penurunan harga minggu ini lebihdisebabkan karena faktor turunnya harga CPO dan harga kernel,” ujarnya.

Sedangkan sistem tata kelola penetapan harga TBS Provinsi Riau semakin membaik. Membaiknya tata kelola penetapan harga merupakan upaya yang serius dariseluruh stake holder yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Riau dan Kejaksaan Tinggi Riau Kerjasama program “Jaga Zapin”.

“Komitmen bersamaini pada akhirnya tentu akan berimbas pada peningkatan pendapatan petaniyang bermuara pada kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan