News

Sekdako Klaim Pemko Pekanbaru Komit Lanjutkan Program MSMIP

 

SUARA PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berkomitmen melanjutkan program Metropolitan Sanitation Management Investment Project (MSMIP). Program MSMIP ini adalah Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

"Kami berkomitmen terhadap keberlanjutan program MSMIP. Walaupun, Pekanbaru ini dalam masa transisi dari wali kota definitif ke Penjabat (Pj) wali kota hingga hasil Pilkada 2024," kata Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Rabu (25/10).

Komitmen ini tetap dijaga sesuai perjanjian kerja sama yang pernah ditandatangani dahulu. Wujud komitmen Pemko Pekanbaru adalah menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik.

"Perda ini sudah bisa digunakan," imbuhnya.

Keputusan Wali Kota Pekanbaru Nomor 653 Tahun 2023 tentang Penerapan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Limbah Dinas PUPR. Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) juga telah dibentuk untuk pengelolaan retribusi IPAL.

"Pengelolaan IPAL lebih mudah jika sudah dalam bentuk BLUD," jelas Indra Pomi.

Saat proyek IPAL ini masih dalam pengerjaan, Pemko Pekanbaru telah melakukan survei terhadap warga yang berminat dipasang sambungan rumah (SR) pada 2021. Berdasarkan hasil survei, ada 3.000 SR siap dipasang jaringan IPAL.

"Namun, kami masih memprioritaskan SR ini bagi hotel, mal, rumah sakit, dan lainnya," ucap Indra Pomi.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan