News

Bus Adminduk Keliling Pekanbaru Mulai Diujicoba

 

SUARA PEKANBARU - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, melakukan uji coba pelayanan melalui bus administrasi kependudukan (adminduk) keliling. Tahap awal, bus bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tersebut hanya dioperasikan di kantor Disdukcapil setempat guna membantu pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP). "Saat ini kami standby kan di depan kantor sekaligus uji coba," ungkap Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Irma Novrita, Selasa (19/9).

Dalam uji coba itu, kata dia, bus adminduk keliling memberikan pelayanan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) bagi pemula dan melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

"Ahamdulillah tak ada kendala yang berarti (selama uji coba)," ungkap Irma.

Meski sudah diuji coba, namun bus adminduk keliling belum bisa diturunkan ke pemukiman warga lantaran terkendala biaya operasional. Sebab, bantuan bus baru diterima pada Agustus lalu sehingga tidak memiliki anggaran di APBD murni 2023.

“Mudah-mudahan di perubahan (APBD-P 2023) ini bisa dianggarkan," harap Irma.

Di samping anggaran, lanjut dia, bus adminduk keliling juga belum bisa dioperasikan karena keterbatasan petugas.

"Seharusnya sudah bisa melayani, tapi kan petugas masih terbatas, tempat di dalam hanya bisa diisi tiga orang. Itu lah kami manfaatkan, pertama rekaman, cetak KTP dan IKD," tutupnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan