News

Prakiraan Cuaca Riau Awal Bulan September 2023

 

SUARA PEKANBARU - Forecaster BMKG Pekanbaru, Moh Ibnu A merilis prakiraan cuaca di Riau pada Jumat (1/9/2023). Yang mana, Riau masih berpotensi hujan.

"Pagi ini, cuaca di Riau diperkirakan akan berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah seperti Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, dan Kota Dumai. Sementara siang hari, cuaca diharapkan tetap berawan dengan kondisi yang stabil," kata Moh Ibnu A.

Pada sore hari, cuaca tetap berawan dengan kemungkinan hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar, dan Kabupaten Rokan Hilir.

Malam dan dini hari, cuaca diprediksi tetap berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah seperti Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Kampar, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak, dan Kota Dumai.

"Peringatan dini, terdapat potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang mungkin disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah seperti Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Bengkalis, dan Kabupaten Siak pada pagi, sore, serta malam atau dini hari," ungkapnya.

Selain itu, dia menjelaskan bahwa suhu udara akan berada dalam rentang 21.0 hingga 32.0 °C, sedangkan kelembapan udara berkisar antara 55 hingga 98%. Angin diperkirakan bertiup dari arah Selatan - Barat Daya dengan kecepatan 10 hingga 30 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang laut di perairan Provinsi Riau berada pada kisaran 0.50 hingga 1.25 meter (rendah).

"Namun, perlu diwaspadai gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian 1.5 meter di wilayah Perairan Bintan dan Lingga, serta 2.0 meter di wilayah Perairan Utara Bangka," jelasnya.

Di samping itu, pada update terakhir pukul 23.00 WIB, total titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera mencapai 182. Tersebar di beberapa provinsi, seperti Aceh (2), Bengkulu (3), Jambi (29), Lampung (32), Sumatera Selatan (86), Kepulauan Riau (3), dan Bangka Belitung (27). Untuk di Riau nihil hotspot.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan