News

Prakiraan Cuaca Riau Akhir Pekan 19 Agustus 2023

 

SUARA PEKANBARU - Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Yasir Prayuna memperbarui prakiraan cuaca untuk malam minggu di Provinsi Riau, Sabtu (19/8/2023).

Ia menjelaskan bahwa pagi hari cuaca diprediksi cerah berawan hingga berawan di sebagian wilayah, dengan potensi hujan ringan hingga sedang terjadi di Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Ropkan Hilir, Bengkalis, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi, dan Pelalawan.

Siang hari juga diprakirakan cerah berawan hingga berawan, namun ada potensi hujan ringan hingga sedang di Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Bengkalis, Siak, Rokan Hilir, Kota Pekanbaru, dan Kota Dumai.

Pada sore hingga malam hari, cuaca diharapkan cerah berawan hingga berawan di hampir seluruh wilayah Provinsi Riau, dengan potensi hujan ringan hingga sedang.

Dini hari, diperkirakan udara akan kabur hingga berawan, dengan potensi hujan ringan hingga sedang di Kabupaten Rokan Hulu, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Kampar.

Adapun peringatan dini mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

"Potensi ini kemungkinan terjadi di wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Indragiri Hulu, Siak, Kuantan Singingi, Kampar, Bengkalis, Rokan Hilir, dan Kota Pekanbaru pada pagi, siang, sore, atau malam hari," kata Yasir.

Kemudian untuk, suhu udara diperkirakan berada dalam kisaran 22.0 hingga 32.0 °C, dengan kelembapan udara berkisar antara 60 hingga 99%. Angin diperkirakan bertiup dari arah Selatan-Barat dengan kecepatan 10 hingga 30 km/jam.

"Prakiraan gelombang laut menunjukkan ketinggian gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 hingga 1.25 meter, yang dikategorikan sebagai tinggi gelombang rendah," jelasnya.

Terkait dengan titik panas (hotspot), pada pukul 23.00 WIB, total hotspot di wilayah Sumatera mencapai 96 titik. Dalam rincian, Aceh memiliki 1 titik hotspot, Jambi 1 titik, Bengkulu 4 titik, Sumatera Selatan 34 titik, Lampung 26 titik, Bangka Belitung 30 titik, sedangkan di Provinsi Riau tidak terdeteksi adanya hotspot.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan