News

Prakiraan Cuaca Riau Akhir Pekan 30 Juli 2023

 

SUARA PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru telah merilis prakiraan cuaca dan hotspot di Provinsi Riau pada hari Minggu, 30 Juli 2023. Informasi tersebut disampaikan oleh Forecaster BMKG Pekanbaru, Anggun.

"Pada pagi hari, cuaca diprediksi akan cerah berawan. Namun, saat siang hingga sore hari, perkiraan cuaca berubah menjadi cerah berawan hingga berawan," kata Anggun.

Sedangkan pada malam hari, wilayah Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Kampar, Kabupaten Kuantan Singingi, dan Kabupaten Bengkalis berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Lalu, dini hari cuaca diprakirakan kembali menjadi cerah berawan hingga berawan.

"Tidak ada ancaman cuaca ekstrem pada hari ini," jelasnya.

BMKG juga menyampaikan beberapa parameter cuaca untuk wilayah ini. Suhu udara di Provinsi Riau diprediksi berkisar antara 23.0 hingga 34.0 derajat Celsius.

Kelembapan udara diperkirakan akan berada di kisaran 55 hingga 98 persen. Sementara itu, angin akan bertiup dari arah tenggara hingga barat dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 30 kilometer per jam.

Untuk situasi di perairan Provinsi Riau, BMKG memperkirakan tinggi gelombang berkisar antara 0.50 hingga 1.25 meter (Rendah).

Selain itu, BMKG juga menginformasikan tentang keberadaan hotspot di wilayah Sumatera. Pada pukul 23.00 WIB, tercatat total 231 hotspot di pulau Sumatera. Rinciannya adalah 17 hotspot di Aceh dan Sumatera Utara, 9 hotspot di Bengkulu dan Jambi, 26 hotspot di Lampung, 14 hotspot di Sumatera Barat, 23 hotspot di Sumatera Selatan, dan 92 hotspot di Bangka Belitung.

Sementara itu, Provinsi Riau mencatatkan 18 hotspot, dengan rincian 2 hotspot di Kabupaten Kampar, 8 hotspot di Kabupaten Kuantan Singingi, 4 hotspot di Kabupaten Pelalawan, 2 hotspot di Kabupaten Rokan Hulu, dan 2 hotspot di Kabupaten Indragiri Hilir.

BMKG mengimbau masyarakat di wilayah Provinsi Riau untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca dan memastikan keselamatan saat berkendara.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan