News

Jalan Sudirman Ujung Banjir, Ini Solusi yang Ditawarkan Pemko Pekanbaru ke Pemprov Riau

 

SUARA PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengusulkan ke Pemprov Riau untuk meninggikan badan Jalan Jenderal Sudirman setelah Jembatan Siak IV. Badan Jalan sebaiknya ditinggikan sekitar satu meter.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, salah satu titik banjir di Pekanbaru itu adalah Jalan Jenderal Sudirman di Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai. Dari sisi elevasi dengan kondisi tertinggi permukaan sungai Siak, jalan itu berada di bawah.

"Solusinya adalah meninggikan badan jalan. Badan jalan itu harus dinaikkan satu meter," ujarnya, Selasa (16/1).

Sehingga, badan Jalan Jenderal Sudirman tak terganggu banjir. Secara topografi, tinggi badan Jalan Jenderal Sudirman hanya antara 20 hingga 50 sentimeter dari permukaan sungai Siak.

Sehingga ketika terjadi pasang diiringi dengan hujan intensitas tinggi, Jalan Jenderal Sudirman pasti terendam. Salah satu cara lain adalah program Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) III.

"Mereka akan membangun tanggul dan pintu air di parit Belanda," ungkap Indra Pomi

Pemerintah pusat akan membangun tanggul di sepanjang sungai Siak. Diharapkan, tanggul ini terwujud beberapa tahun depan.

"Karena Jalan Jenderal Sudirman itu kewenangan Pemprov Riau, kami sudah menyampaikan ke gubernur Riau. Kami menyarankan agar meninggikan badan jalan di setelah Jembatan Siak IV itu," ucap Indra Pomi.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan